Advertisement

35 Rumah Sakit BUMN Siap Tangani Pasien Corona

Newswire
Selasa, 07 April 2020 - 00:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
35 Rumah Sakit BUMN Siap Tangani Pasien Corona Petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Klas 1 Soetta memeriksa suhu tubuh Menteri BUMN Erick Thohir saat melakukan peninjauan kesiapan Bandara dalam menghadapi COVID-19 di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (11/3/2020). - Antara Foto, Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Sebanyak 35 rumah sakit milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah siap menangani pasien virus Corona penyebab Covid-19

"BUMN mempunyai 65 rumah sakit, di mana 35 rumah sakit di antaranya sekarang sudah buat Covid-19," ujar Menteri BUMN, Erick Thohir seusai meninjau RS Pertamina Jaya di Jakarta, Senin (6/4/2020). 

Advertisement

Ia mengemukakan secara total rumah sakit BUMN memiliki sekitar 7.000 tempat tidur, sebanyak 2.411 tempat tidur diperuntukkan untuk menangani pasien Covid-19.

Ia menambahkan pihaknya terus berupaya untuk menyediakan segala macam kebutuhan guna menangani Covid-19 di dalam negeri, baik alat kesehatan maupun obat-obatan dari pengadaan mandiri maupun sumbangan.

"Kita berkoordinasi dengan BNPB [Badan Nasional Penanggulangan Bencana]. Selama ini BUMN dengan BNPB saling support," ucapnya.

Saat ini, Erick menyampaikan, pihaknya sedang menyiapkan Rumah Sakit Darurat yang dipusatkan di Hotel Patra Jasa Jakarta serta menjadikan Rumah Sakit Pertamina Jakarta (RSPJ) sebagai Rumah sakit khusus rujukan pasien Covid-19.

"Yang menarik dari RS itu nanti ada laboratoriumnya, kita BUMN sedang mengadakan hampir 10 lab di RS Covid-19," katanya.

Dalam laboratorium itu, lanjut dia, akan ada fasilitas polymerase chain reaction (PCR), dan setiap lab ditargetkan mampu melakukan pemeriksaan sebanyak 1.000 tes per hari.

"Mesin lab ini dari Swiss. Salah satu yang terinstal diharapkan di rumah sakit ini (RSPJ). Kalau nanti ini benar-benar berjalan akan kita distribusikan juga ke daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah lainnya," ucapnya.

Direktur Utama Pertamedika IHC, Dr Fathema mengatakan RS Pertamina Jaya dilengkapi dengan Command Center di mana 65 Rumah Sakit BUMN di seluruh Indonesia terkoneksi, sehingga masing-masing bisa mengetahui di mana Rumah Sakit yang kekurangan alat dan juga ketersediaan kamar.

"Dengan adanya command center ini memudahkan untuk antisipasi pasien dan juga memastikan layanan prima untuk pasien," katanya.

Khusus untuk laboratorium, Fathema menyampaikan, sudah disiapkan alat test dari Roche yang mampu melakukan test 1.300 sampel setiap harinya.

"Alat ini akan menganalisa asam nukleat yang diekstraksi dari air liur atau lendir pasien dan membandingkannya dengan urutan yang ditemukan pada strain virus Corona dan dapat memberikan hasil tes dalam waktu empat jam," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap-siap Lur, Pemkab Kulonprogo Buka 90 Formasi CPNS dan PPPK untuk 205 Posisi, Berikut Rinciannya

Kulonprogo
| Jum'at, 19 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement