Alat Pendeteksi Corona Seperti Test Pack Kehamilan

Foto Ilustrasi. - Reuters
19 Maret 2020 02:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Indonesia berencana mengimpor alat pendeteksi Corona. Staf Khusus bidang Komunikasi Menteri BUMN Arya Sinulingga menyebut, alat pemeriksaan cepat alias rapid test virus Corona Covid-19 itu mirip alat tes kehamilan atau test pack. 

Arya mengatakan, setiap orang bisa memeriksakan darahnya pada alat rapid test tersebut. Hasil pemeriksaan pun terbilang cepat terlihat, yakni 15 menit dan maksimal tiga jam.

"Jadi Tes darah. Bentuknya kayak test pack kehamilan," kata Arya kepada wartawan lewat teleconference, di Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Ia mengatakan, alat rapid test virus Corona itu nantinya diimpor lewat salah satu BUMN yakni PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI.

Jumlah alat pemeriksaan cepat virus Corona yang diimpor PT RNI dari China tersebut berjumlah 500.000 unit.

"RNI bekerja sama dengan pabrik di China yang memproduksi alat rapid test covid-19. Kami sedang pesan sekitar 500 ribu. Jadi, hasilnya bisa keluar hanya berapa menit 15 menit maksimal tiga jam," ucap dia.

Kendati begitu, tutur Arya, RNI saat ini sedang menunggu penerbitan perizinan dari Kementerian Kesehatan guna mengedarkan alat tersebut. Nantinya, alat itu bakal didistribusikan ke rumah-rumah Sakit.

"Kalau dikasih izin oleh Kemenkes, kami bisa kirim pakai maskapai Garuda Indonesia dari Hangzhou. Jadi kebutuhan kita ini bisa terpenuhi secara cepat," jelas dia.

Sumber : Suara.com