Jogja Segera Punya Kewenangan Uji Lab Pasien Diduga Terindikasi Corona

Sri Sultan hamengku Buwono X-Gubernur DI.Yogyakarta. - Harian Jogja/Desi Suryanto
16 Maret 2020 15:47 WIB Bhekti Suryani News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Pemeriksaan pasien diduga terkait covid-19 dalam waktu dekat bisa dilakukan oleh pemerintah DIY tanpa harus melalui Pusat.

Hal itu disampaikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X melalui jumpa pers, Senin (16/3/2020).

Sultan menekankan pentingnya untuk bahu-membahu membuat orang yang sehat tetap sehat dan yang sakit bisa kembali sehat. Disamping itu, hari ini, Direktur Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) DIY tengah berada di Kementerian Kesehatan RI untuk menandatangani kerja sama terkait dengan pemberian wewenang bagi DIY untuk melakukan uji laboratorium mandiri bagi pasien diduga terindikasi Covid-19.

“Dengan adanya perjanjian ini, nantinya DIY sudah bisa melaksanakan uji laboratorium pasien yang terindikasi covid-19 secara mandiri. Sehingga, hasil pemeriksanaan akan lebih cepat didapatkan, tidak perlu menunggu dari pusat,” jelas Sultan, seperti dilansir dari Instagram terkonfirmasi Humas Pemprov DIY,  @humasjogja, Senin (16/3/2020).

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembayun Setyaning Astuti, mengatakan bahwa selama ini, prosedur pemeriksaan harus dilakukan oleh pusat untuk menjaga paten primer dan reagan, dua elemen standar World Health Organization (WHO) yang digunakan untuk menentukan status positif atau negatif pasien terindikasi covid-19. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga mutu dan kualitas pemeriksaan.