Advertisement

Tambah Lagi, Kini Enam Pasien Positif Corona di Indonesia

Muhammad Khadafi
Minggu, 08 Maret 2020 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
Tambah Lagi, Kini Enam Pasien Positif Corona di Indonesia Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di Istana Presiden, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). - JIBI/Bisnis.com/Rayful Mudassir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah kembali melaporkan dua kasus baru pasien yang positif terkena virus Corona (Covid-19). Satu di antara mereka masih terkait dengan kasus pertama. Sejauh ini, enam orang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia.

"Ini adalah hasil pemeriksaan lanjutan cluster tracing jakarta. Tadi sudah dapat data laboratorium yang bersangkutan confirm positif Covid-19," kata Sekretaris Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes sekaligus Juru Bicara penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Achmad Yurianto, di Kantor Presiden, Jakarta, Minggu (8/3/2020).

Advertisement

Kasus kelima merupakan laki-laki berumur 55 tahun. Kondisinya saat ini tercatat stabil tanpa ada gejala apapun. Sementara itu kasus keenam adalah laki-laki berusia 36 tahun. Dia diduga membawa virus saat bertugas sebagai anak buah kapal di Diamond Princess.

Seperti diketahui, Diamond Princess sempat disebut sebagai episentrum penyebaran Covid-19. Kapal ini tercatat memiliki 78 warga negara Indonesia yang berkerja sebagai anak buah kapal.

Sebanyak sembilan orang dinyatakan positif Covid-19 di Jepang. Namun tiga di antaranya telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan kembali di Indonesia setelah menjalani masa isolasi di rumah sakit di Jepang bersama yang lainnya.

Sisanya, atau 68 orang, dievakuasi pemerintah. Kemudian dua di antaranya diisolasi karena diduga telah terinfeksi Covid-19.

"Kedua confirm kasus positif, kasus 06. Laki-laki 36 tahun ini imported case. Dia dapatkan dari jepang saat kerja di ABK Diamond Princess," kata Yuri.

Serupa dengan kasus 5, kondisi kasus 6 terbilang stabil. Pasien dalam kondisi sadar penuh tanpa gejala batuk, demam, dan pilek.

Adapun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah meneliti 620 spesimen terkait pengendalian wabah virus corona atau Covid-19 dari 25 provinsi, Minggu (8/3/2020). Sebanyak 21 di antaranya dinyatakan sebagai terduga, karena memiliki kecenderungan telah terinfeksi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement