BMKG Berikan Peringatan Dini Sirkulasi Siklonik, Ini Dampaknya di DIY

Ilustrasi. - Solopos/Nicolous Irawan
08 Maret 2020 13:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Peringatan dini cuaca adanya sirkulasi siklonik dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Fenomena alam ini berpotensi menyebabkan terjadinya hujan lebat, termasuk ada yang disertai angin kencang di sejumlah daerah hingga 9 Maret 2020.

Sebagaimana Antara mengutip dari laman resmi, Minggu (8/3/2020), BMKG menyebutkan, terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Selatan Jawa Barat dan Jawa Timur, Kalimantan Tengah, dan Filipina, dengan konvergensi memanjang dari Laut Arafuru dan Papua.

Daerah belokan angin terdapat di Sumatra bagian tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Utara, sementara massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali Sumatra Utara.

Data yang telah diperbaharui per Sabtu (7/3/2020) pukul 21.28 WIB, menyebutkan daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat pada Minggu, yakni Sumbar, Lampung, Jawa Tengah, Bali, Kalbar, Kalteng, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

Untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat atau petir adalah Bengkulu, Jambi, Sumsel, Jabar, Jabodetabek, Jatim, NTB, NTT, Kaltim, Kalsel, dan Papua.

Sementara pada Senin (9/3/2020) mendatang, prakiraan daerah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumbar, Jateng, Yogyakarta, Bali, Kalteng, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulteng, dan Sultra.

Daerah yang berpotensi hujan lebat disertai angin, yakni Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jabar, Jatim, NTB, NTT, Kaltim, dan Papua.

Sumber : Antara