Advertisement

Sejumlah Mal di Jogja Jadi Lokasi Pemberangkatan Bus Damri Menuju YIA

Rahmat Jiwandono
Senin, 17 Februari 2020 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Sejumlah Mal di Jogja Jadi Lokasi Pemberangkatan Bus Damri Menuju YIA Hartono Mall Yogyakarta - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejumlah mal di DIY menjadi lokasi pemberangkatan bus Damri yang mengangkut penumpang ke Yogyakarta International Airport (YIA).

Aksesibilitas menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo diakui pemerintah belum memadai, kendati pemindahan penerbangan dari Adisutjipto International Airport ke YIA dilakukan penuh pada akhir Maret.

Advertisement

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Perum Damri untuk mengangkut penumpang dari Kota Jogja ke YIA guna memperlancar akses ke bandara abru tersebut.

Budi mengatakan, infrastruktur seperti jalan tol dan jalur kereta api yang langsung menuju bandara saat ini belum jadi. "Sementara itu kami kerjakan [proyek tol dan jalur kereta langsung ke bandara dibangun], masyarakat bisa menggunakan moda transportasi yang sudah kami sediakan," katanya seusai menjadi pembicara di Grha Sabha Pramana UGM pada Senin (17/2/2020).

Dijelaskannya pihak PT KAI diminta untuk memberangkatkan kereta dari stasiun Tugu, Jogja menuju Stasiun Wojo, Kabupaten Purworejo. Kereta akan berangkat setiap satu jam sekali.

"Ketika penumpang turun di Stasiun Wojo bisa meneruskan perjalanan ke YIA menggunakan bus Damri. Waktu tempuhnya kurang lebih 45 menit sampai satu jam," katanya.

Pilihan moda transportasi lain dari Kota Jogja ke YIA yaitu Damri. Ia meminta Perum Damri untuk menyiapkan armadanya. Adapun titik keberangkatan Damri ada di mal Sleman City Hall (SCH), Hartono Mall, dan Kampus UGM.

"Untuk yang di UGM sedang dibicarakan titik pemberangkatan bisa dari lembah UGM atau University Club [UC]," katanya.

Dikatakannya, Bus Damri akan berangkat setiap 30 menit sekali. Bus akan tetap berangkat tanpa harus menunggu kursi terpenuhi seluruhnya.

Ia menyebutkan kesiapan YIA saat ini sekitar 98% dan rencananya akan dioperasikan penuh pada 28 Maret 2020. Dengan demikian, saat hari raya Lebaran, penerbangan dari dan ke Jogja sepenuhnya di YIA.

"Sekarang penerbangan sedang mempersiapkan diri, memindahkan penumpang dari Adisutjipto dan peralatan-peralatan penunjang lainnya," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement