Dikarantina di Jepang, WNI ABK Diamond Princess Minta Dibawakan Obat Masuk Angin dan Mie Instan

Kapal pesiar Diamond Princess di pelabuhan Yokohama pada Senin (3/2/2020). - Bloomberg
15 Februari 2020 13:17 WIB Hadijah Alaydrus News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -Sebanyak 78 Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dinyatakan bebas Virus Corona (Covid-19). Para awak kapal tersebut tidak sepenuhnya dalam kondisi sehat.

Hal tersebut terungkap dari Twitter @KBRITokyo. Pihak Kedutaan Besar RI (KBRI) di Tokyo mengungkapkan pihaknya harus mengantarkan obat cairan masuk angin yang diminta para ABK yang masih dalam karantina hingga hari ini.

@KBRITokyo: "KBRI Tokyo (12 Feb) mengantar cairan Pereda Masuk Angin yang diminta WNI yang sedang di atas kapal Diamon Princess yang sedang dikarantina utk observasi di Yokohama, sekaligus Mie Instan dan Vitamin C. Foto: barang di antar staf KBRI Tokyo ke petugas pelabuhan. #NegaraMelindungi."

Tidak hanya obat masuk angin, pihak KBRI Tokyo juga mengantarkan mie instan dan obat vitamin C. Postingan dari KBRI Tokyo ini mengundang komentar para netizen a.l. :

@GodblessBabeh: "Cinta dan kasih mie instan itu nyata dan tak terbatas suku, ras, agama dan kasta sosial." 

Komentar lucu dan penuh dukungan tersebut terus mengalir dari netizen di Twitter hingga hari ini, Sabtu (15/2/2020).  @Bang_venom: "Betul betul betul, kurang teh anget."

Untuk menjaga komunikasi, KBRI Tokyo telah membentuk whatsapps group dengan para kru WNI. Hingga saat ini, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Tokyo terus memantau kondisi 78 kru WNI di kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina terkait virus corona (Covid-19).

"Saat ini seluruhnya dalam keadaan sehat," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Rabu (12/2/2020). Sementara itu, Kementerian Perhubungan telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI untuk memastikan pelindungan bagi mereka.

Sumber : Bisnis.com