Merapi Meletus Kamis Pagi, Gemuruh Terdengar hingga Kampung 3,5 Km dari Puncak

Gunung Merapi erupsi, Kamis (13/2/2020). - detikcom/Ragil Ajiyanto
13 Februari 2020 08:07 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BOYOLALI- Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah DIY meletus pada Kamis (13/2/2020) pagi ini. Letusan ini terdengar oleh warga yang bermukim sekitar 3,5 km dari puncak Gunung Merapi di Boyolali.

"Iya mendengar suara gemuruh kurang lebih 2-3 menit mas," kata Kepala Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, Maryanto, kepada detikcom Kamis (13/2/2020) pagi.

Warga di dukuh tersebut mendengar jelas suara gemuruh saat terjadi letusan freatik. Pasalnya, dukuh itu jaraknya dekat dengan puncak Gunung Merapi, yaitu sekitar 3,5 kilometer.

Meski Gunung Merapi meletus, kata Maryanto, tidak sampai mengganggu aktivitas warga setempat. Warga yang mayoritas bekerja sebagai petani tetap beraktivitas pagi seperti biasanya.

"Alhamdulillah normal," ujarnya.

Dikemukakan Maryanto, akibat letusan yang terjadi tadi pagi ini, di wilayahnya belum ada tanda-tanda turunnya hujan abu.

Gunung Merapi mengalami erupsi freatik sekitar pukul 05.16 WIB tadi. Tinggi kolom mencapai 2.000 meter. Gunung Merapi kini masih dalam status waspada.

Sumber : Detik.com