Advertisement

Merapi Meletus Kamis Pagi, Gemuruh Terdengar hingga Kampung 3,5 Km dari Puncak

Newswire
Kamis, 13 Februari 2020 - 08:07 WIB
Nina Atmasari
Merapi Meletus Kamis Pagi, Gemuruh Terdengar hingga Kampung 3,5 Km dari Puncak Gunung Merapi erupsi, Kamis (13/2/2020). - detikcom/Ragil Ajiyanto

Advertisement

Harianjogja.com, BOYOLALI- Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah DIY meletus pada Kamis (13/2/2020) pagi ini. Letusan ini terdengar oleh warga yang bermukim sekitar 3,5 km dari puncak Gunung Merapi di Boyolali.

"Iya mendengar suara gemuruh kurang lebih 2-3 menit mas," kata Kepala Dusun Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Boyolali, Maryanto, kepada detikcom Kamis (13/2/2020) pagi.

Advertisement

Warga di dukuh tersebut mendengar jelas suara gemuruh saat terjadi letusan freatik. Pasalnya, dukuh itu jaraknya dekat dengan puncak Gunung Merapi, yaitu sekitar 3,5 kilometer.

Meski Gunung Merapi meletus, kata Maryanto, tidak sampai mengganggu aktivitas warga setempat. Warga yang mayoritas bekerja sebagai petani tetap beraktivitas pagi seperti biasanya.

"Alhamdulillah normal," ujarnya.

Dikemukakan Maryanto, akibat letusan yang terjadi tadi pagi ini, di wilayahnya belum ada tanda-tanda turunnya hujan abu.

Gunung Merapi mengalami erupsi freatik sekitar pukul 05.16 WIB tadi. Tinggi kolom mencapai 2.000 meter. Gunung Merapi kini masih dalam status waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LITERASI KESEHATAN: Warga Lansia Diminta Bijak Memilih Jenis Olahraga

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement