Antisipasi Virus Corona, Penerbangan dari Indonesia ke Wuhan Ditutup Sebulan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memberikan penjelasan saat menerima kunjungan tim Bisnis Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam
27 Januari 2020 09:47 WIB Rinaldi Mohammad Azka News Share :

Harianjogja.com, TANGERANG -- Wabah virus Corona masih menjadi sorotan di seluruh dunia. Karenanya, Kementerian Perhubungan mengambil kebijakan penerbangan dari dan ke Wuhan, China dari seluruh wilayah Indonesia mungkin akan ditutup hingga 1 bulan mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan pihaknya belum memastikan seberapa lama penutupan penerbangan dari dan menuju Wuhan, China. Namun, dia menyatakan penutupan bisa hingga 1 bulan mendatang dengan melihat berbagai perkembangan yang terjadi belakangan ini.

"Di sana [Wuhan. China] masih krusial dan masih tutup. Mungkin bisa sampai 3 minggu atau sebulan kalau lihat apa yang terjadi di Wuhan," terangnya, Minggu (26/1/2020).

Sampai saat ini, Menhub menjelaskan sudah tidak ada penerbangan dari dan menuju Wuhan. Salah satu maskapai penerbangan yang melayani trayek tersebut yakni Lion Air sempat akan mengembalikan penumpang tetapi bandara sudah ditutup.

"Jadi [penerbangan] yang kembali sudah kosong, clear tidak ada lagi penerbangan ke Wuhan darimanapun di Indonesia," tuturnya.

Dia juga memberikan klarifikasi Garuda Indonesia tidak ada penerbangan tujuan ke Wuhan. Budi Karya juga akan membahas kemungkinan melarang penerbangan dari dan menuju kota-kota lain di China dengan pihak Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

"Berkaitan kota-kota lain di China, kita akan bahas dengan Kemenkes, Kemenlu terhadap perkembangan yang ada di sana. Di satu sisi kita lakukan suatu kegiatan yang preventif untuk menangkal jangan sampai terjadi perpindahan virus ke Indonesia," paparnya.

Sumber : Bisnis.com