Advertisement

Lantai SD Ini Dibongkar karena Panas, Sebelumnya Dipakai Goreng Telur Bisa Matang

Newswire
Sabtu, 04 Januari 2020 - 04:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lantai SD Ini Dibongkar karena Panas, Sebelumnya Dipakai Goreng Telur Bisa Matang Pembongkaran lantai SDN Tropodo yang mengeluarkan panas. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SIDOARJO - Masyarakat Sidoarjo sempat digegerkan dengan lantai keramik panas yang ada di SD Negeri Tropodo Kecamatan Krian Sidoarjo, Jawa Timur. Lantai yang berada di ruangan UKS itu akhirnya terpaksa dibongkar untuk mengetahui keluarnya suhu panas yang dirasakan dari lantai tersebut.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Achmad Saifuddin, Jumat mengatakan, pembongkaran itu dilakukan supaya tidak terjadi polemik yang berkepanjangan dan sempat menghebohkan masyarakat setempat.

Advertisement

"Panasnya cukup lumayan, supaya tidak menjadi polemik berkepanjangan lebih baik dibongkar," katanya di sela melakukan peninjauan di lokasi SD Negeri Tropodo Krian Sidoarjo.

Ia mengatakan, selain itu untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab panasnya lantai ruang UKS, di lokasi itu juga ada kegiatan belajar mengajar siswa.

"Saat dilakukan pembongkaran lantai yang panas, ke luar asapnya. Dari pihak DLHK melakukan pengukuran suhu, terpantau suhunya naik terus mencapai 44 derajat Celsius," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DLHK Kabupaten Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan, setelah lokasi tersebut dibongkar hingga mencapai kedalaman 40 sentimeter, terlihat kabel yang beraliran listrik.

"Kabel tersebut, saat tersentuh linggis mengeluarkan percikan, seperti korsleting listrik. Seharusnya kabel itu tidak ada aliran listrik," katanya.

Ia berharap, sumber panas itu berasal dari kabel yang ada aliran listriknya, dan sementara ini aliran listriknya diputus terlebih dahulu.

"Semoga penyebab lantai panas di ruang UKS hanya dari aliran listrik yang salah. Untuk sementara kabel tersebut diputus," katanya.

Sebelumnya, pihak sekolah dan masyarakat dikejutkan dengan lantai ruangan UKS yang terasa panas, jika diinjak.

Bahkan, untuk membuktikan panas dari lantai keramik itu dilakukan uji coba dengan memecahkan telur di atas lantai. Hasilnya, telur terlihat matang seperti digoreng meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pemkab Sleman Berupaya Mempercepat Penurunan Angka Stunting

Sleman
| Jum'at, 19 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement