Wapres Harapkan Reformasi Birokrasi Percepat Program Jokowi-Ma'ruf

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan pidato sekaligus menutup Rakornas Indonesia Maju antara Pemerintah Pusat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019). - Antara
14 November 2019 10:37 WIB Anggara Pernando News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA  - Reformasi birokrasi menyeluruh di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN)  diharapkan membantu dalam percepatan realisasi lima program prioritas pemerintahan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menuturkan upaya percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dapat dilakukan melalui pelatihan peningkatan keterampilan.

"Supaya itu dapat dilakukan harus melalui reformasi birokrasi," kata Ma'ruf di hadapan kepala daerah di Sentul, Bogor, Kamis (13/11/2019) malam.

Menurutnya, dengan reformasi birokrasi menyeluruh, maka para pegawai negeri sipil (PNS) yang selama ini terjebak dalam budaya administrasi  akan didorong memiliki keterampilan, dedikasi serta memiliki integritas untuk mempercepat terwujudnya lima program prioritas pemerintahan Jokowi - Ma'ruf.

"Rapat koordinasi [dengan lintas kementerian lembaga bersama kepala daerah] penting supaya visi misi dan lima prioritas [Jokowi-Ma'ruf] bisa terlaksana. Dan itu [terwujudnya visi misi]l sangat ditentukan oleh efektivitas dan tidaknya pemerintah di daerah," katanya.

Seperti diketahui, dalam pidato pertama kenegaraan Joko Widodo di MPR/DPR pada saat pelantikan pada 20 Oktober 2019 lalu, presiden menetapkan lima program prioritas dalam Kabinet Indonesia Maju. Prioritas itu yakni peningkatan sumber daya manusia nasional, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur, penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi serta melakukan percepatan transformasi birokrasi.

Sumber : bisnis.com