Advertisement

Pimpinan ISIS Tewas, Trump Buru Penerusnya

John Andhi Oktaveri
Selasa, 12 November 2019 - 09:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pimpinan ISIS Tewas, Trump Buru Penerusnya Presiden Amerika Serikat Donald Trump - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden  Donald Trump sedang mengincar penerus kepemimpinan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah  (ISIS) saat ini, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi. Orang nomor satu di Amerika Serikat (AS) itu  menegaskan akan menghabisi seluruh petinggi ISIS dengan menggunakan pasukan AS.

"Terima kasih kepada seluruh pasukan AS, al-Baghdadi sudah mati, tangan kanannya juga tewas, kini kami sedang memburu yang ketiga," kata Trump dalam pidato dalam peringatan Hari Veteran di New York sepertidikutip CNN.com, Selasa (12/11/2019).

Advertisement

Pasukan gabungan AS dan Kurdi sebelumnya menyerang tempat persembunyian mendiang pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, di Suriah.

Dalam operasi itu al-Baghdadi dan dua orang anak meninggal akibat bom bunuh diri yang dipasang di rompi yang dia kenakan.

"Aksi terornya sudah berakhir dan musuh kami lari ketakutan. Orang-orang yang mengancam keselamatan warga negara kita akan berhadapan dengan kekuatan militer AS," ujar Trump.

Salah satu tangan kanannya, Abu Hassan al-Muhajir, juga meninggal dalam operasi militer AS. Sedang al-Quraishi saat ini masih diburu.

Pemerintah AS menyatakan sampai saat ini mereka masih menyiagakan sekitar 500 tentara di Suriah. Namun, sisanya dipindahkan ke kawasan perbatasan dekat Yordania.

Pasukan Turki yang menyerbu Suriah untuk menggempur pasukan Kurdi dilaporkan berhasil menangkap adik al-Baghdadi, Rasmiya Awad (65). Dia bersembunyi di di dekat Kota Azaz, Aleppo, Suriah.

Turki juga dilaporkan berhasil menangkap istri pertama al-Baghdadi, Asma Fauzi Muhammad al-Qubaysim, sekaligus anak perempuannya, Laila Jabir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement