Advertisement

Rapat Paripurna DPR Sahkan Idham Azis Jadi Kapolri

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 31 Oktober 2019 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Rapat Paripurna DPR Sahkan Idham Azis Jadi Kapolri Kabareskrim Polri Komjen Pol Idham Azis mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri di ruang Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (30/10/2019). - Antara/Muhammad Adimaja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—DPR menggelar rapat paripurna pengambilan keputusan pencalonan Komjen Pol. Idham Azis sebagai Kapolri.

Pada rapat tingkat perta,a, Idham diputuskan lolos secara aklamasi dalam uji kelayakan dan kepatutan. Ketua DPR Puan Maharani kemudian bertanya kepada peserta rapat apakah Idham bisa disetujui menjadi Kapolri. Semua sepakat.

Advertisement

“Semoga dengan terpilihnya saudara [Idham] bisa mengemban tugas dan menjalankan amanah,” katanya saat memimpin sidang di Kompleks Parlemen, Jakarta (31/10/2019).

Saat uji kelayakan dan kepatutan, Idham yang menjabat sebagai Kabareskrim tidak membawa visi dan misi. Ketiadaan ini karena mengikuti visi misi yang dimiliki Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Meski tidak memiliki visi dan misi, Idham mempunyai target selama 14 bulan menjadi Kapolri. Penguatan Polri yang profesional, modern, tepercaya (promoter) ini diimplementasikan dalam tujuh program prioritas.

Ketujuh program prioritas ini yaitu, mewujudkan SDM yang unggul, pemantapan harkamtibnas, dan penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan.

Selanjutnya adalah program pemantapan manajemen media, penguatan sinergi polisional, penataan kelembagaan dan terakhir penguatan pengawasan.

Selain itu, Idham juga memiliki lima komitmen Kapolri. Semuanya mengamankan program pembangunan nasional, memantapkan soliditas internal dan sinergitas TNI Polri, mewujudkan insan Bhayangkara yang bersih dan bebas KKN, menuntaskan kasus yang menjadi perhatian publik, serta menyiapkan suksesi pimpinan Polri selanjutnya.

Idham dicalonkan setelah Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian diberhentikan dari jabatannya dan polisi karena diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Dalam Negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement