Advertisement

Ada Tes Antiradikalisme di CPNS 2019

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 29 Oktober 2019 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ada Tes Antiradikalisme di CPNS 2019 Ilustrasi. Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) berswafoto. - ANTARA/Rahmad)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan berlangsung pada 11 November 2019 mendatang. Informasi tersebut secara resmi disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo. 

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, formasi CPNS 2019 yang dibuka meliputi 68 kementerian lembaga dan 462 provinsi, kabupaten dan kota yang nantinya dapat diakses melalui portal sscn.bkn.go.id. 

Advertisement

Lebih lanjut dilaporkan, dalam tes CPNS kali ini diisukan akan ada penambahan seleksi untuk mencegah calon ASN radikalisme masuk dalam institusi negara. 

Kepala BKN Bima Haria Wibisana sebelumnya menyebut untuk mencegah radikalisme di kalangan ASN, pihaknya akan menyusun mekanisme dan penyaringan calon ASN baru.

Bima menuturkan seleksi ASN akan dilakukan dengan sejumlah metode pencegahan radikalisme yakni profiling dan wawancara yang akan dilakukan masing-masing panitia seleksi instansi. 

"Panitia seleksi calon ASN setiap instansi akan dibekali dengan pembinaan penanganan terhadap radikalisme, ujaran kebencian dan anti-Pancasila serta anti-NKRI," tegasnya dikutip dari siaran pers BKN pada Kamis (24/10/2019). 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius pun mengatakan saat ini radikalisme telah menyebar di berbagai institusi.  Dia mengimbau agar ditingkatkannya sinergi secara internal dan berkelanjutan guna menekan potensi ancaman infiltrasi radikalisme ke dalam institusi. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Halim Ambil Formulir Pendaftaran Calon Bupati Bantul di Kantor PDIP

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement