Peringati Sumpah Pemuda, Ada Festival Band di Magelang

Pameran UMKM di Lapangan drh. Soepardi Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jumat (25/10/2019). - Ist/Dok Humas
25 Oktober 2019 11:07 WIB Nina Atmasari News Share :

Harianjogja.com, MAGELANG- Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan beragam acara oleh Pemerintah Kabupaten Magelang. Salah satunya adalah Festival Band Gemilang 2019.

Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan DPD KNPI Kabupaten Magelang ini dimulai pada hari ini, Jumat (25/10/2019) hingga Sabtu (26/10/2019) di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Magelang, Ariyanto mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kegiatan generasi muda di wilayah ini di bidang seni. Sebelumnya, bersama organisasi pemuda dan pemudi lain, mereka sering mengadakan beragam kegiatan seperti pelatihan, seminar dan lainnya.

Festival band ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan KNPI sejak periode sebelum dirinya. “Tujuannya sebagai wadah kegiatan para generasi muda dan pelajar di wilayah ini,” katanya, di sela kegiatan.

Peserta festival mencapai 17 band yang merupakan grup-grup band dari Kabupaten Magelang. Peserta sebelumnya telah diseleksi. Proses pendaftaran sudah dilakukan pada tanggal 1 hingga 19 Oktober. Selanjutnya, mereka diseleksi.

Lagu wajib yang harus dibawakan adalah lagu Bendera milik band Coklat. Selain itu ada lima lagu pilihan yang harus dipilih yakni Rumah Kita (God Bles), Garuda di Dadaku (Netral), Dari Mata Sang Garuda (Pee Wee Gaskin), Jadilah Legenda (Superman Is Dead) dan Gebyar-Gebyar dari alm Gombloh.

Pada peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, lanjut Ari, pihaknya juga mengadakan seminar pemuda dan puncaknya ditutup dengan upacara bendera Selasa (28/10/2019). Adapun bersamaan dengan festival band ini, digelar pula pameran semarak gemilang oleh para pelaku UMKM dari para pengurus kecamatan di 21 kecamatan Kabupaten Magelang.