Advertisement

Diberi Kursi Pimpinan DPR Puan Mundur dari Kabinet Jokowi

Jaffry Prabu Prakoso
Selasa, 01 Oktober 2019 - 16:27 WIB
Sunartono
Diberi Kursi Pimpinan DPR Puan Mundur dari Kabinet Jokowi Dari kiri ke kanan: Anggota DPR Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Utut Adianto, Puan Maharani, dan Charles Honoris saat memberikan keterangan di ruangan fraksi PDIP. - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih Puan Maharani akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Dalam pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Puan yang juga anggota legislatif periode 2014—2019 ditarik menjadi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Advertisement

Puan mengatakan bahwa dia mengirim surat pengunduran diri ke Jokowi kemarin, Senin (30/9/2019).

“Saya sudah izin pamit pada presiden untuk mengundurkan diri sebagai Menko PMK untuk bisa dilantik pada tanggal 1 Oktober ini sebagai Anggota DPR,” katanya di ruang Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Puan juga mengaku telah ditunjuk partai untuk menjadi Ketua DPR. Ini mengacu pada Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD yang isinya adalah partai pemenang pemilu 2019 otomatis menjadi Ketua DPR.

“Kemudian didampingi oleh empat wakil yang mana mendapatkan suara sesuai dengan urutan kemenangan kursi di Pemilu yang lalu,” jelasnya.

Puan mengikuti jejak Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang sudah mundur sejak Jumat (27/9/2019) lalu.

Pengunduran ini mengacu UU 39 tahun 2018 tentang Kementerian Negara. Pada pasal 23 tertulis seorang menteri tidak boleh rangkap jabatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement