Advertisement

Demonstrasi di Depan Gedung DPR Memanas

Rayful Mudassir
Senin, 23 September 2019 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Demonstrasi di Depan Gedung DPR Memanas Demonstrasi mahasiswa masih berlangsung hingga malam hari di depan Gedung DPR RI. - Bisnis/Rayful Mudassir

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Unjuk rasa di depan Gedung DPR RI memanas. Mahasiswa menggedor pintu, dan melemparkan botol kemasan minuman ke arah gedung wakil rakyat.

Beberapa demonstran sempat melakukan aksi bakar-bakaran, tetapi dicegah oleh koordinator aksi dari sejumlah kampus di Jakarta. Aparat keamanan turut menenangkan massa. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Herry Kurniawan turun langsung di barisan mahasiswa untuk menenangkan aksi.

Advertisement

"Teman-teman harap tenang. Kami tidak maju selangkah pun. Harap tenang," katanya dari atas mobil polisi, Senin (23/9/2019).

Di sisi lain, tiga unit water canon berjaga di luar dan dalam lingkungan DPR. Dari sisi dalam, dua mobil water canon sudah dinyalakan namun belum mendapat perintah untuk bergerak.

Dalam aksi kali ini, sejumlah Rancangan Undang-undang sedang digodok DPR RI dan Pemerintah diprotes oleh pengunjuk rasa. Beberapa di antaranya seperti RUU Pertanahan, Revisi UU KPK, RUU Permasyarakatan, dan RKUHP.

Sejumlah pasal di RKUHP mengundang kritik dan protes dari sejumlah kalangan. Pun begitu, Presiden Joko Widodo dan DPR sepakat menunda pengesahan RKUHP yang direncanakan bakal paripurna pada Selasa (24/9/2019).

Beberapa pasal kontroversial dalam RKUHP dimaksud seperti pasal penghinaam presiden dan wakil presiden, pasal perzinahan, pasal aborsi, pasal kohabitasi atau kumpul kebo hingga pasal tentang korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Buka Puasa untuk wilayah Jogja dan Sekitarnya Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement