Wapres China Bakal Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden China yang juga Anggota Komisi Urusan Luar Negeri China, Song Tao, di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019). - Suara.com/Ummi Saleh
20 September 2019 14:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-- Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin dikabarikan akan dihadiri pemimpin negara sahabat, salah satunya Wakil Presiden China Wang Qishan. Pelantikan Jokowi -Maruf akan berlangsung pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Wakil Menteri Luar Negeri A. M Fachir mengatakan hal itu disampaikan Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden China atau Anggota Komisi Urusan Luar Negeri China Song Tao saat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (20/9/2019).

"Bahwa ada Wakil Presiden China yang akan menghadiri pelantikan bapak Presiden Oktober nanti," ujar Fachir di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat.

Terkait itu, Fachir mengatakan Jokowi merasa terhormat jika Wang Qishan menghadriri acara prosesi pelantikannya pada Oktober 2019 mendatang.

"Dan bapak Presiden mengatakan merasa terhormat kalau dihadiri juga oleh wakil presiden China," kata dia.

Fachir menyebut pertemuan antara Jokowi dan Song Tao hari ini menunjukan hubungan baik antara Indonesia dan China.

"Tadi menurut utusan khusus didampaikan ini menunjukkan, sekali lagi, hubungan yag baik antara kedua pemimpin bahwa China memberikan perhatian yang lebih baik yang menunjukkan hubungan yang sangat penting dan strategis antara China dan Indonesia," kata Fachir.

Lebih lanjut, Fachir menuturkan bahwa tujuan kedatangan perwakilan pemerintah China yakni untuk menyampaikan komitmen dalam meningkatkan kerja sama dengan Indonesia.

Dlam pertemuan itu Song Tao juga menyampaikan ucapan selamat kepada Jokowi yang terpilih kembali menajadi Presiden periode 2019-2024.

"Tujuannya antara lain sekaligus adalah menyampaikan selamat atas terpilihnya bapak Presiden (Jokowi). Kedua juga ingin menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Indonesia," tandasnya.

Sumber : Suara.com