Demi Pembangunan Lancar, Habibie Sewa Pesawat ke Batam tiap Bulan

Presiden Jokowi bertemu Presiden ke-3 RI, BJ Habibie beberapa waktu lalu. - Ist/Biro Pers Setpres
12 September 2019 07:57 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BATAM - Mantan Humas Ororita Batam, Ahmad Dahlan menceritakan bahwa Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie saat menjadi Kepala Otorita Batam selalu menyewa pesawat setiap bulan untuk menyempatkan waktu mengunjungi Pulau Batam. Ha itu dilakukan demi memastikan pembangunannya sesuai rencana.

"Beliau carter pesawat tiap bulan ke Batam. Selalu membawa pejabat-pejabat, duta besar tidak pernah ketinggalan," kata Ahmad Dahlan yang juga mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, di Batam, Rabu (11/9/2019) malam.

Ahmad Dahlan mengenang Habibie, yang menjadi atasannya selama bertahun-tahun. Habibie sendiri menjabat Kepala OB selama 20 tahun, sejak 1978-1998.

Habibie, kata dia, ingin Batam dikenal dunia sebagai kawasan investasi yang kompetitif dan menjanjikan. Makanya, setiap datang, Habibie selalu mengajak duta besar dari negara yang berbeda-beda.

"Beliau terus mempromosikan Batam, dan Batam menjadi sangat dikenal," kata dia.

Habibie, kala itu, juga kerap membawa pengusaha besar, Menteri dan gubernur-gubernur dari daerah lain, demi mendukung pembangunan kota industri yang berseberangan dengan Singapura itu.

Bahkan, rapat koordinasi juga dilaksanakan di Batam, yang saat itu masih minim hotel, restoran dan fasilitas pendukung lainnya.

Dan layaknya tuan rumah, Habibie selalu menjamu tamu-tamunya.

"Hebatnya, kalau datang Senin atau Kamis, Pak Habibie selalu puasa. Enggak pernah tinggal. Jadi kalau tamunya makan siang, dia naik ke lantai 8 (Gedung OB) untuk shalat," kata Ahmad Dahlan bercerita.

Padahal, katanya melanjutkan, Habibie sebenarnya hobi makan, tapi, ibadah puasa sunah itu tidak pernah ditinggalkannya.

Dalam berbagai kesempatan, Habibie selalu menyemangati Ahmad Dahlan, warga tempatan yang berkesempatan berkarya di OB.

"Pesan tidak pernah habis, yaitu selalu tambah pengetahuan. Ilmulah yang memajukan, tanpa ilmu tidak akan maju. Jangan pernah lepas belajar," katanya menirukan Habibie.

Sumber : antara