Advertisement

Batan Kembangkan Varietas Padi Tahan Cuaca Ekstrim

Newswire
Kamis, 05 September 2019 - 04:17 WIB
Sunartono
Batan Kembangkan Varietas Padi Tahan Cuaca Ekstrim Ilustrasi Sarjono, seorang petani di Dusun Ngrahu, Desa Sumberejo, Semin memotong tanaman padi yang mengering untuk dijadikan pakan ternak. Senin (1/7/2019) - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, SUMATERA SELATAN--Badan Teknologi Nuklir Nasional (Batan) berencana untuk mengembangkan varietas padi unggul tahan cuaca ekstrem untuk mengantisipasi perubahan iklim dan mendorong kemandirian pangan.

"Kami ingin fokus pada benih tahan cuaca ekstrem karena sekarang perubahan iklim bukan wacana tapi sudah terjadi. Kalau musim kering, bisa kering sekali dan lama waktunya. Kalau musim hujan bisa banyak sekali airnya. Teman-teman di bidang pertanian didorong bisa menghasilkan benih tahan cuaca ekstrem," kata Kepala Batan Anhar Riza Antariksawan kepada wartawan usai panen raya padi varietas kahayan temuan Batan di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, Rabu (4/9/2019).

Advertisement

Panen raya dilakukan di Desa G1 Mataram Kecamatan Tugumulyo. Benih padi unggul varietas kahayan disebarkan oleh Agro Techno Park Kabupaten Musi Rawas kepada petani setempat untuk dibudidayakan.

Menurut dia saat ini tantangan perubahan iklim sudah nyata, di mana pada saat musim kering, kekeringan hebat melanda dan saat musim hujan, air hujan melimpah. Dengan kondisi seperti ini, maka perlu ada upaya untuk menghasilkan benih yang bisa bertahan dan bertumbuu baik di tengah cuaca seperti itu.

Ke depan, katanya, benih-benih pertanian yang dihasilkan tidak hanya memiliki karakteristik produktivitas tinggi, tahan hama dan kualitas rasa yang enak, namun juga dapat berkembang baik di berbagai kondisi cuaca dan tempat.

"Kita harapkan nanti bisa mendapatkan hasil litbang (penelitian dan pengembangan) yang tahan terhadap keadaan yang seperti itu, tidak hanya produktivitasnya tinggi, selama ini kita mungkin masih konsentrasi pada produktivitas tinggi, katakanlah padi yang bisa tahan serangan rob, tahan terhadap cuaca ekstrem," ujarnya.

Batan mendorong untuk lebih banyak varietas padi unggul yang bisa ditanam di berbagai kondisi lingkungan seperti di wilayah pesisir atau wilayah dengan air asin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jelang Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD DIY Siapkan Rangkaian Kegiatan untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement