Korban Kerusuhan Papua, 4 Warga Sipil dan 1 TNI Tewas

Menko Polhukam Wiranto - Fahreza Rizky/Okezone
04 September 2019 21:27 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia masih terus mengupayakan penyelesaian konflik di Papua. Menko Polhukam Wiranto menyebut lima orang tewas dalam insiden kerusuhan di Provinsi Papua yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Empat orang tewas terdiri dari masyarakat sipil dan satu orang dari TNI.

"Masyarakat yang meninggal dunia empat orang. Yang luka-luka 15 orang. Itu di Papua," katanya saat jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Sementara itu, lanjut Wiranto, di Papua Barat tidak terdapat korban tewas baik dari elemen masyarakat sipil ataupun dari TNI. Namun, ia mengakui di Papua Barat terdapat korban luka ringan.

"Untuk TNI-Polri di Papua itu meninggal satu orang TNI, luka-luka dua anggota Polri. Sedang di Papua Barat, TNI-Polri enggak ada yang meninggal tapi yang luka-luka ada dua orang," tuturnya.

Wiranto menuturkan, saat ini kondisi Papua dan Papua Barat sudah kondusif dan aktivitas masyarakat sudah kembali pulih. Pelayanan publik sudah normal, begitu juga dengan moda transportasi massal lainnya.

"Distribusi BBM sudah jalan, pemerintahan, pasar, kesehatan, perbankan, PDAM sudah dapat berfungsi. Hanya PDAM perlu perbaikan lagi, karena memang ada kerusakan akibat kerusuhan kemarin itu," ujar Wiranto.

Sumber : Okezone.com