BMKG Minta Masyarakat Mewaspadai Karhutla di 5 Provinsi

Ilustrasi. /Bisnis-Bisnis - Paulus Tandi Bone
04 September 2019 07:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lima provinsi yakni Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah.

"Waspada potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Kabupaten Batanghari, dan Kabupaten Muaro Jambi," demikian peringatan dini BMKG dikutip di Jakarta, Selasa (3/9/2019) malam.

Sementara untuk Provinsi Sumatera Selatan, BMKG memperingatkan masyarakat untuk berhati-hati karena mudah terjadi karhutla di sebagian wilayahnya.

Institusi itu juga memberi peringatan dini akan peningkatan suhu udara dan penurunan kelembaban udara di Provinsi Kalimantan Barat yang dapat memicu mudahnya kebakaran hutan dan lahan.

BMKG dalam lamannya meminta masyarakat Kalimantan Selatan untuk waspada potensi karhutla di seluruh wilayah tersebut.

Selain itu, karhutla juga rawan terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah. Cuaca di sejumlah kabupaten di Kalimantan Tengah diprediksi BMKG akan diselimuti asap yakni Kasongan, Kuala Kapuas, Palangkaraya, dan Pulangpisau.

"Waspada potensi penurunan kualitas udara akibat peningkatan polusi udara yang berasal dari kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Tengah," demikian peringatan tersebut.

Sumber : Antara