Leonardo DiCaprio Dukung Pelestarian Hutan Amazon

Instragram leonardodicaprio
26 Agustus 2019 12:47 WIB Syaiful Millah News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Earth Alliance, sebuah inisiatif lingkungan yang didukung oleh aktor Leonardo DiCaprio berkomitmen menggelontorkan dana sebesar US$ juta untuk pelestarian hutan hujan Amazon.

Komitmen hibah dana tersebut dilakukan setelah terjadi lonjakan kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

Dilansir dari Variety, Senin (26/8/2019) lebih dari 72.000 kebakaran telah dilaporkan oleh Brazil National Institute for Space Research dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan tajam terjadi pada tahun lalu dengan 40.000 kebakaran yang sebagian besar disebabkan oleh tngginya deforestasi.

Kebakaran itu juga memicu kemarah warga di media sosial dan mendorong sejumlah selebriti menggunakan platform media sosial mereka untuk meningkatkan kesadaran tentang peristiwa yang terjadi.

“Hutan hujan terbesar di dunia adalah bagian penting dari solusi iklim global. Tanpa Amazon, kita tidak bisa mengendalikan pemanasan bumi,” tulis DiCaprio dalam sebuah postingan di Instagram.

Adapun, dana US$5 juta tu akan dismbangkan ke lima organisasi lokal untuk melindungi habitat sensitif di hutan Amazon, yaitu Instituto Assosiacao Floresta Protegida, Coordination of the Indigenous Organizations of the Brazilian Amazon, Instituto Kabu, Instituto Raoni, dan Instituto Socioambiental.

The Leonardo DiCaprio Faoundation (LDF) bergabung dengan Earth Alliance bulan lalu untuk mengatas ancaman mendesak terhadap sistem pendukung kehidupan di bumi. Kemitraan tersebut dibangun atas keprihatinan DiCaprio tentang krisis iklim global yang sudah menjadi konsennya sejak lama.

Sejak didirikan pada 1998, LDF telah memberikan lebih dari US$100 juta dana hibah untuk proyek-proyek lingkungan di seluruh dunia.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia