Tahun Ini, BUMN Masih Butuh 7.690 Pegawai Baru

Kementerian BUMN. - Okezone.com/Yohana
24 Agustus 2019 12:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Tahun ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membutuhkan 11.000 pegawai baru. Pelaksanaannya sebagian sudah selesai.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2019, seluruh perusahaan plat merah membutuhkan 11.000 pegawai baru.

Penerimaan tahap pertama pun sudah dilakukan, dengan sebanyak 3.310 peserta yang lolos untuk menjadi pegawai di 116 BUMN. Itu berarti masih ada 7.690 sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh BUMN.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penerimaan pun akan dilanjutkan dengan pembukaan tahap dua.

"Tahun ini mungkin masih ada batch [tahap] kedua, ini kan baru batch pertama," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019)

Meski demikian, Imam masih belum bisa merinci seberapa besar jumlah penerimaan yang akan dibuka pada tahap kedua ini. Juga soal tanggal pasti dari penerimaan ke depannya.

"Saya perlu check dulu datanya ke FHCI [Forum Human Capital Indonesia, lembaga penerimaan pegawai BUMN]. Harusnya tahun ini [buka penerimaan lagi]," ujar dia.

Menurut Imam, membuka penerimaan secara bersamaan antar BUMN sebagai bentuk meningkatkan sinergi, serta mengenalkan BUMN secara luas kepada para pegawai baru.

"Filosofinya agar saling mengenal supaya memahami apa arti BUMN," katanya,

Sumber : Okezone.com