Jemaah Haji Kloter 1 Kembali ke Tanah Air

Jamaah haji melakukan shalat Jumat di Masjidil Haram dibawah suhu lebih dari 40 derajat celcius di Mekkah, Arab Saudi, Jumat (12/7/2019). Jamaah mulai berdatangan dari berbagai negara untuk melaksanakan ibadah Haji 1440 Hijriah. - ANTARA FOTO/Hanni Sofia
18 Agustus 2019 10:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, MAKASSAR - Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Mekkah dan Medinah, jemaah Haji Kloter I asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan kembali ke Tanah Air pada pukul 22.40 Waktu Arab Saudi atau Sabtu (17/8/2019) malam. 

"Jamaah haji kita dari Makassar malam ini sudah siap-siap ke Bandara King Abdul Azis untuk bertolak menuju Makassar," kata Kakanwil Kemenag Sulsel H Anwar Abubakar pada keterangan persnya, di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan, sebanyak 450 orang jemaah haji Makassar ditambah lima petugas haji dan kesehatan dijadwalkan tiba di Makassar pada pukul 15.25 WITA pada Minggu (18/8/2019).

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, petugas PPIH Debarkasi Makassar sudah menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan jemaah agar pemulangan jamaah haji berjalan dengan lancar.

Adapun total jamaah haji berdasarkan data PPIH Debarkasi Makassar yakni 18.109 orang dari delapan provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Kita berharap seluruh jemaah menjadi haji mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," ujarnya.

Dengan pengalaman berhaji itu, lanjut dia, para jamaah haji dapat menjaga ibadahnya dengan baik dan membina hubungan sosialnya yang lebih erat lagi. Minimal menjadi contoh atau figur yang baik di lingkungan ia berada.

Proses pemulangan jamaah haji yang terbagi dalam 40 kloter ini berlangsung setiap hari selama sebulan ke depan. Khusus Kloter 40 atau kloter terakhir dijadwalkan bertolak dari Bandar Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz di Madinah, sekitar pukul 01.10 waktu Arab Saudi pada 15 September 2019.

Sumber : antara