Advertisement

Tim Gabungan Sisir Titik Kebakaran Gunung Sumbing

Anggara Pernando
Senin, 12 Agustus 2019 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tim Gabungan Sisir Titik Kebakaran Gunung Sumbing Pemadaman kebakaran hutan.ANTARA FOTO - Nova Wahyudi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Kebakaran terjadi di Gunung Sumbing, Jawa Tengah. Sebanyak 100 personel tim gabungan yang terdiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Perhutani Kedu Utara, Polres Wonosobo, Kodim, dan sukarelawan Desa Banyumudal melakukan penyisiran titik api di lokasi kejadian.

Agus Wibowo, Plt. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menuturkan berdasarkan pemantauan melalui teropong atau binocular terlihat masih ada titik asap di Gunung Sumbing, wilayah Magelang.

Advertisement

"Petak 29-1 ada tunggak kayu masih terbakar sedang dalam pemadaman oleh petugas serta mandor perhutani. [Ini termasuk ke dalam] wilayah Wonosobo," jelas Agus dalam keterangan tertulisnya, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, untuk memastikan titik api benar-benar padam, maka saat ini 100 personel gabungan terus menyisir lokasi.

Data sementara yang berhasil dihimpun, api diketahui muncul sekitar pukul 16.50 WIB, pada Minggu (12/8/2019), dengan obyek yang terbakar meliputi ilalang, serasah dan sejumlah tanaman rimba yang berfungsi sebagai hutan lindung.

Kawasan terbakar berada pada petak 28 RPH Kleseman, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Wonosobo, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kedu Utara di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran.

Penyisiran titik api untuk dipadamkan terus dilakukan mengingat pantauan petugas bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), api diperkirakan berpotensi meluas karena faktor angin kencang.

"Hingga saat ini belum diketahui luas hutan dan lahan yang terbakar. Jumlah kerugian juga belum bisa dipastikan mengingat pantauan sementara masih terkendala oleh kabut tebal dan minimnya sarana prasarana serta terbatasnya personel," jelas Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

4 Produk Lokal DIY Mendapatkan Sertifikasi Indikasi Geografis, Ini Manfaatnya

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement