Imbas Pemadaman Listrik, Pemulihan KRL Bertahap

Penumpang turun dari kereta MRT saat dievakuasi di Jakarta, Minggu (4/8/2019). Gangguan listrik yang melanda Ibu Kota berdampak pada terhentinya operasi MRT Jakarta. - ANTARA
05 Agustus 2019 12:27 WIB Amanda Kusumawardhani News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pelayanan transportasi umum sudah beroperasi penuh pada Senin (5/8/2019). Hal tersebut menyusul padamnya listrik secara massal di berbagai daerah sehari sebelumnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peristiwa pemadaman listrik massal pada Minggu (4/8/2019) sejak pukul 11.48 WIB, yang menyebabkan sebagian pelayanan transportasi umum terhambat, sudah ditangani secara bertahap.

"Tidak ada masalah karena disiapkan back up plan yang maksimal. Soetta [Bandara Internasional Soekarno Hatta] ada 17 genset yang bisa meng-cover semuanya," ujar Budi Karya di kantor pusat PT PLN (Persero), Senin (5/8/2019).

Tak hanya itu, dia memastikan tidak ada keterlambatan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya, Budi Karya menyebutkan pemadaman listrik juga tidak berdampak pada fasilitas PT Angkasa Pura II (Persero), pelabuhan, dan Airnav Indonesia.

"MRT [Mass Rapid Transit] yang memang tidak ada back up itu yang harus kita lakukan [siapkan back up plan]," ucapnya.

Khusus untuk perbaikan di MRT, Budi Karya mengungkapkan operasional MRT sudah pulih sejak Minggu pukul 20.00 WIB. Namun, pemulihan Kereta Rel Listrik (KRL) masih dilakukan pemulihan bertahap dan masih ada sebagian fasilitas KRL di Bekasi yang belum pulih.

Sumber : Bisnis.com