Boeing Nyatakan Perbaikan Cacat Perangkat Lunak 737 MAX Sampai September

Ilustrasi Boeing - Is/Stuff
28 Juni 2019 09:17 WIB Sunartono News Share :

Harianjogja.com, CHICAGO--Boeing menyatakan akan memakan waktu hingga September 2019 untuk memperbaiki masalah yang baru diidentifikasi pada pesawat 737 MAX. Hal itu disampaikan seorang pejabat perusahaan itu kepada Reuters. Dengan demikian layanan oleh maskapai akan ditunda paling cepat hingga Oktober, di mana ini jauh lebih lama dari harapan sebagian besar maskapai.

Saham Boeing ditutup 3% lebih rendah pada Kamis (27/6/2019). Angka itu keluar setelah perusahaan yang berbasis di Chicago ini mengatakan kepada maskapai penerbangan bahwa akan menyelesaikan pembaruan perangkat lunak terbaru untuk 737 MAX pada bulan September. Dengan alasan ada masalah baru muncul pekan lalu selama tes simulator.

Perkiraan Boeing itu lebih lambat dari harapan sebagian besar maskapai. Chief Executive American Airlines Doug Parker dikutip Reuters Jumat (28/6/2019) mengatakan pada 12 Juni 2019 bahwa sangat mungkin penerbangan akan dilanjutkan pada pertengahan Agustus. Sebagian besar maskapai penerbangan telah mengambil MAX dari jadwal mereka sampai awal September.

Setelah Boeing menyelesaikan pembaruan, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat harus meninjau perbaikan dan hasil penerbangan uji sertifikasi yang tidak akan dijadwalkan hingga setidaknya September. Proses itu akan memakan waktu setidaknya dua hingga tiga pekan. Penjadwalan baru berarti pesawat kemungkinan penerbangan komersial baru bisa dimulai setidaknya Oktober. Hal ini tentu menyebabkan ribuan pembatalan penerbangan lagi.

Sumber : Reuters.com