HUT Jakarta, Makna di Balik 'Wajah Baru Jakarta'

Pengunjung beraktivitas di taman Monumen Nasional. Monas bukan hanya ikon Ibu Kota, melainkan juga Indonesia. - Antara/Dhemas Reviyanto
22 Juni 2019 00:37 WIB Muhamad Wildan News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemprov DKI Jakarta mengangkat tema 'Wajah Baru Jakarta' dalam ulang tahun kali ini. Agenda perayaan HUT ke-492 Jakarta bakal diselenggarakan di Bundaran HI pada 22 Juni 2019.

Namun, apa makna dari tema yang diangkat tersebut? Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa yang dimaksud dengan 'Wajah Baru Jakarta' bukan hanya pembaruan pada tampilan fisik, tetapi mindset.

Anies mencontohkan pada sektor transportasi Jakarta dulu cenderung mengutamakan kendaraan pribadi, disusul oleh transportasi umum dan terakhir pejalan kaki serta sepeda.

"Sekarang diubah, nomor satu adalah fasilitas untuk pejalan kaki untuk sepeda, lalu kendaraan umum, baru kendaraan pribadi. Jadi kebaruan itu bukan hanya penampilan fisik, tapi juga pada mindsetnya," kata Anies, Jumat (21/6/2019).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Edy Junaedi mengatakan 'Wajah Baru Jakarta' juga terkait dengan kebahagian warga.

" Pak Gubernur kan mendorong di sana ada KJP, Kartu Lansia, itu diupgrade. Ini saya kira sebuah upaya bagaimana warga kota sebagai ruhnya kota juga menjadi bagian dari pembangunan yang dilakukan pemerintah kota," kata Edy.

Anies berharap HUT Ke-492 Jakarta lebih banyak masyarakat yang mau berkontribusi dalam membangun Jakarta.

Sumber : bisnis.com