Advertisement

Jokowi Minta Masukan Asosiasi UMKM

Amanda Kusumawardhani
Selasa, 18 Juni 2019 - 19:37 WIB
Sunartono
Jokowi Minta Masukan Asosiasi UMKM Presiden Joko Wiodo - Bisnis/Abdullah Azzam

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo meminta masukan kepada sejumlah asosiasi pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terkait pengembangan sektor tersebut di Indonesia.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi saat menerima kunjungan sejumlah pengusaha UMKM yakni Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (HIPMIKINDO), Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO), Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (AKUMANDIRI), serta Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (HIPMIKIMDO).

Advertisement

"Saya ingin agar sore hari ini mendapat masukan-masukan dalam rangka mendesain kebijakan terutama usaha mikro, kecil, menengah," kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (18/6/2019).

Berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 62,9 juta unit. Tak hanya itu, Jokowi menilai peluang usaha dan ekspansi usaha di Indonesia cukup besar sehingga pengembangan sektor ini masih luas.

"Peluang yg ada kita gunakan sebaik-baiknya, baik usaha jasa perdagangan, industri kecil menengah yang saya sendiri mengalaminya mulai dari nol," ujarnya.

Terkait dengan insentif dari pemerintah, Jokowi juga meminta saran dari sejumlah asosiasi UMKM tersebut untuk mengungkapkan insentif yang dibutuhkan guna menggenjot pengembangan sektor ini.

"Tapi juga hati-hati fasilitas terlalu banyak, kadang-kadang justru melemahkan entrepreneurship kita semuanya. Fasilitas perlu tapi jangan sampai melemahkan karakter entrepreneurship yang kita miliki," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Sabtu 20 April 2024, Tiket Rp50 Ribu

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement