Advertisement

Ini Rekaman CCTV Detik-Detik Ledakan Bom di Kartasura

Chelin Indra Sushmita
Rabu, 05 Juni 2019 - 00:47 WIB
Sunartono
Ini Rekaman CCTV Detik-Detik Ledakan Bom di Kartasura Capture rekaman CCTV Dishub tentang ledakan di Pospam Tugu Kartasura (Istimewa)

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO Ledakan di Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran 2019 di Tugu Kartasura, Sukoharjo, Senin (3/6/2019), terus menjadi sorotan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian yang disebabkan oleh pelaku bom bunuh diri bernama Rofik Asharuddin (RA).

Rekaman closed circuit television (CCTV) milik Dinas Perhubungan berdurasi 29 detik itu merekam kejadian ledakan di depan Pos Pam Tugu Kartasura sekitar pukul 22.47 WIB. Dalam rekaman tersebut, pelaku yang merupakan warga Dusun Kranggan RT 01/RW 02, Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo tampak berjalan santai melewati beberapa kendaraan polisi yang terparkis di samping Pospam.

Advertisement

Sesampainya di depan Pospam Tugu Kartasura, bom yang diikat di pinggang Rofik Asharuddin meledak. Ledakan tersebut terjadi dalam hitungan detik yang menyisakan asap membumbung tinggi. Beruntung, ledakan itu tidak memakan korban jiwa.

Foto: Terlihat pelaku melintas depan pospam Kartasura

Akibat ledakan di Pospam Tugu Kartasura itu, si pelaku mengalami luka yang cukup parah. Tubuhnya yang bersimbah darah tergeletak di depan Pospam Tugu Kartasura. Padahal, arus lalu lintas di sekiatr Tugu Kartasura semalam terpantau cukup ramai.

Sejurus kemudian, polisi bergegas mendekat ke lokasi ledakan. Pengalihan arus lalu lintas sempat dilakukan untuk memudahkan olah tempat kejadian perkara (TKP). Kini, pelaku bom bunuh diri dengan daya ledak rendah itu tersebut dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang. Menurut keterangan polisi, kondisi pelaku mulai membaik.

Foto:  Sekitar dua-tiga detik kemudian terjadi ledakan. Selanjutnya kendaraan di sekitar lokasi mendadak berhenti.

Diberitakan sebelumya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku bom Kartasura terpapar ajaran Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Terkait ledakan di Pospam Tugu Kartasura, korban yang juga diduga sebagai pelaku berdasarkan hasil pemeriksaan terindikasi terpapar ISIS. Indikasi menyangkut masalah yang bersangkutan dalam jaringan JAD (Jamaah Ansharut Daulah) atau kelompok radikal lain masih akan kami dalami,” terang Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mabes Polri yang disiarkan langsung Kompas TV, Selasa (4/6/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Catat! Tarif Parkir Kendaraan Bermotor di Lokasi Wisata Wilayah Bantul

Bantul
| Sabtu, 20 April 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement