Advertisement

Pilkada 2019, PSI Tetapkan Pilihan Calon Pemimpin Seperti Wali Kota Tri Rismaharini

Newswire
Selasa, 14 Mei 2019 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pilkada 2019, PSI Tetapkan Pilihan Calon Pemimpin Seperti Wali Kota Tri Rismaharini Tri Rismaharini - Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan

Advertisement

Harianjogja.com, SURABAYA--Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah memiliki kriteria khusus dalam memilih calon Wali Kota Surabaya. Partai pimpinan Grace Natalie ini akan memilih kriteria calon Wali Kota Surabaya pada Pilkada Surabaya 2020 yang memiliki kompetensi sama dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

"Bisa jadi standar kompetensi minimal seperti Bu Risma," kata Sekretaris DPD PSI Surabaya, William Wirakusuma, di Surabaya, Selasa (14/5/2019). 

Advertisement

Meski demikian, dia mengatakan, PSI sampat saat ini belum memiliki Cawali maupun Cawawali yang akan diusung pada Pilkada Surabaya 2020. Selain itu, lanjut dia, pihaknya masih menunggu instruksi langsung dari DPP PSI.

"Kemungkinan ada mekanisme wawancara dan di live streaming seperti seleksi caleg," kata caleg dari dapil 3 yang dipastikan lolos di DPRD Surabaya ini.

Saat ditanya apakah calon wali kota-wakil wali kota Surabaya yang akan disusung nanti dari luar partai, ia mengatakan hal itu bisa saja terjadi tentunya dengan standar kompetensi minimal seprti yang ada pada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Mengenai bakal calon wali kota Surabaya yang sudah beredar saat ini, dia mengatakan calon-calon tersebut belum diteliti oleh PSI secara detail. Tentunya, lanjut dia, pihaknya juga masih menunggu masukan dari masyarakat mengenai kompetensi mereka.

"Tentunya juga perlu masukan dari DPW PSI Jawa Timur dan DPP PSI. Itu semua kan harus ada penilaiannya," katanya.

Adapun calon wali kota-wakil wali kota Surabaya yang sudah beredar saat ini, yakni Whisnu Buana (ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya sekaligus wakil wali kota Surabaya), Vinsensius Awey (caleg DPR dari Partai NasDem dan anggota DPRD Surabaya), Fandi Utomo (caleg DPR dari PKB), KH Zahrul Azhar As’ad atau Gus Hans (juru bicara Khofifah Parawansa-Emil Dardak saat memenangi Pilkada Jawa Timur 2018), dan lainnya.

Diketahui perolehan suara Pemilu 2019 di KPU Kota Surabaya, PSI mendapatkan suara partai politik dan caleg di lima Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Surabaya sebesar 90.758 suara dengan perincian Dapil 1 mendapatkan 18.189 suara, Dapil 2 mendapatkan 11.342 suara, Dapil 3 mendapatkan 29.659 suara, Dapil 4 mendapatkan 13.742 suara dan Dapil 5 mendapatkan 17.826 suara.

Dengan demikian PSI mendapatkan empat kursi di DPRD Surabaya. Adapun caleg yang dipastikan lolos yakni Alfian Limardi dari Dapil 1 mendapat 2.964 suara, William Wirakusuma dari Dapil 3 mendapat 5.142 suara, Tjutjuk Supariono/Khendy Ferary dari Dapil 4 yang masing-masing mendapatkan 2.502 suara dan Josiah Michael dari dapil 5 mendapatkan 3.883 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pansus DPRD DIY Mulai Bahas Perubahan Aturan Soal Pengisian Jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement