Advertisement

Buruh Perusahaan Sepatu Nike Tuntut Upah Layak

Newswire
Rabu, 01 Mei 2019 - 14:47 WIB
Sunartono
Buruh Perusahaan Sepatu Nike Tuntut Upah Layak Ilustrasi aksi Hari Buruh (May Day). - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Para buruh dari perusahaan sepatu Nike dalam memperingati Hari Buruh Sedunia dengan titik kumpul di Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat, Rabu menyampaikan tuntutannya untuk mendapatkan upah layak.

Koordinator Komite Aksi Perjuangan Buruh Nike, Bangkit, dalam menyampaikan sikap di antaranya mengecam keras tindakan perusahaan pemasok Nike yang berlaku semena-mena kepada buruhnya dengan melakukan tindakan union busting atau pemberangusan serikat buruh dengan dalih apa pun.

Advertisement

"Menuntut kepada perusahaan pemegang merek Nike untuk bertanggung jawab pada buruhnya dan segera menghentikan perampsan atas upah layak dan kerja layak bagi buruh Indonesia," kata Bangkit.

Kemudian menuntut kepada perusahaan pemasok dan perusahaan pemegang merek Nike untuk menjalankan Protokol Kebebasan Berserikat dan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia dengan sepenuhnya.

Selanjutnya memberikan upah layak kepada buruh Nike dan Adidas serta hapuskan sistem kerja kontrak dan outsourcing pada seluruh rantai produksi Nike. Serta meminta untuk pekerjakan kembali buruh PT Kaho Indah Citra Garment dan PT Dream Sentosa Indonesia serta segera menyelesaikan permasalahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement