19 Penerbangan Domestik Terdampak Kebakaran Bandara I Gusti Ngurah Rai

Mobil pemadam kebakaran di depan terminal keberangkatan domestik Bandara Ngurah Rai, Bali, Jumat (19/4/2019). - Bisnis/ Ema Sukarelawanto
20 April 2019 03:57 WIB Rio Sandy Pradana News Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Kebakaran di area terminal domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (19/4/2019), memengaruhi 19 penerbangan dalam negeri.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Denpasar Bali Elfi Amir mengatakan akibat kejadian ini, operasional di terminal domestik sempat dihentikan untuk proses penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran.

"Penutupan sementara terminal domestik berdampak pada 19 penerbangan domestik," kata Elfi dalam siaran pers, Jumat (19/4/2019).

Dia menjelaskan penerbangan yang terdampak akibat kebakaran antara lain Lion Air 4 penerbangan, Garuda Indonesia 5 penerbangan, Nam Air 2 penerbangan, Batik Air 2 penerbangan, Wings Air 1 penerbangan, AirAsia 1 penerbangan, Citilink 3 penerbangan, dan Sriwijaya Air 1 penerbangan.

Saat ini, lanjutnya, proses lapor diri (check in) bagi penumpang Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Nam Air, Citilink , Lion Air , Wings Air, dan AirAsia dipindahkan ke terminal internasional. PT Angkasa Pura I sebagai operator bandara telah meminta maaf atas kejadian tersebut dan telah menyediakan  makanan dan minuman kepada para penumpang.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, pada pukul 16.50 WITA telah terjadi insiden kebakaran di Area Terminal Domestik Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Berselang 30 menit kemudian atau tepatnya pukul 17.20 Wita api telah berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dan aviation security, para penumpang pun telah berhasil direalokasi  ketempat yang yang lebih aman.

"Mengenai penyebab terjadinya kebakaran hingga saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut dari pihak terkait," ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia