Advertisement

Kirim Logistik Pemilu, Petugas KPU di Yaman Diiringi Suara Tembakan

Jaffry Prabu Prakoso
Kamis, 11 April 2019 - 06:17 WIB
Budi Cahyana
Kirim Logistik Pemilu, Petugas KPU di Yaman Diiringi Suara Tembakan Sukarelawan KPU mempersiapakan logistik untuk pelaksanaan Pemilu 2019 di gedung logistik KPU Tangerang Selatan di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (10/4/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – KPU memastikan pelaksanaan pemilu di luar negeri berlangsung aman. Akan tetapi ada beberapa cerita yang tidak bisa dilupakan oleh petugas di negara konflik.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid mengatakan petugas Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Yaman saat mengantarkan kotak dan surat suara sempat diiringi suara tembakan.

Advertisement

Yaman yang sedang berkonflik ini melakukan pemungutan suara pada Senin, 8 April lalu. Karena sedang berkonflik, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Yaman digabung dengan Oman.

“Kemarin persiapan teknisnya agak berat karena satu kedutaan di Oman. Dia [petugas] menangani sendiri sekaligus menangani Yaman. Sementara di Yaman situasi konflik, transportasinya tidak bagus. Jadi logistik kita kemarin dibawa PPLN kita naik bus umum, jalan dan harus hati hati,” katanya di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Petugas yang mengantarkan kotak suara jelas Pram harus dikawal petugas kedamaian. Alasannya suara tembakan tidak berhenti selama perjalanan.

“Bayangin saja. Nganterin surat suara ke beberapa tempat itu. Jadi kalau denger ceritanya temen temen Yaman itu luar biasa," ungkap Pramono.

Meski diiringi suara tembakan, pengiriman surat berjalan dengan aman. Proses penghitungan akan dilakukan pada 17 April mendatang berbarengan dengan di Indonesia.

Pemilih di Sana’a yang merupakan ibu kota Yaman kebanyakan adalah pelajar asal Indonesia yang mengenyam pendidikan pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lomba Dirikan Tenda Darurat Meriahkan HUT Ke-20 Tagana

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement