Advertisement

Pensiun, Kaisar Jepang Akan Turun Takhta Akhir April 2019

Reni Lestari
Kamis, 11 April 2019 - 00:47 WIB
Nina Atmasari
Pensiun, Kaisar Jepang Akan Turun Takhta Akhir April 2019 Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Tepat pada 30 April 2019, Kaisar Jepang Akihito ddan Permaisuri Michiko akan turun tahta.

Saat itulah Akihito dan permaisuri akan memasuki masa pensiun, sesuatu yang belum pernah terjadi selama 2 abad terakhir pada pasangan kekaisaran Jepang.

Advertisement

Segudang kesibukan pasangan tersebut akan berakhir ketika putranya, Putra Mahkota Naruhito, menjadi kaisar pada 1 Mei 2019.

"Kaisar baru harus menjadi simbol baru. Kaisar telah memikirkan dengan serius tentang bagaimana menghindari masalah otoritas ganda. Jadwal hariannya diperkirakan hampir sepenuhnya hilang," kata Makoto Watanabe, mantan ajudan Akihito, seperti dilansir Reuters, Rabu (10/4/2019).

Pasangan pensiunan, dikenal sebagai kaisar emeritus dan permaisuri emerita, akan kembali ke Istana Togu, tempat mereka tinggal sebelum Akihito menjadi kaisar, setelah tinggal di kediaman kekaisaran yang sekarang kosong sementara rumah baru mereka direnovasi.

Pada sebuah konferensi pers pada 2007 silam, pasangan kerajaan itu ditanyai tentang apa yang akan mereka lakukan jika mereka bisa bergaul dengan publik. "Saat ini, saya tidak dapat memikirkan apa pun yang ingin saya lakukan," jawab Akihito saat itu.

Namun dia menambahkan, dia akan senang jika memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati alam dan melakukan penelitian. Hobi kaisar adalah biologi kelautan, terutama ikan gobi.

Dia telah dirawat karena kanker prostat dan menjalani operasi jantung. Pada 2016 dia mengungkapkan kekhawatirannya bahwa usia akan menyulitkan untuk memenuhi tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement