Wapres Afghanistan Lolos dari Serangan Taliban, 4 Pengawalnya Tewas

Abdul Rashid Dostum saat tiba di Bandara Internasional Khamid Karzai, Kabul, Afghanistan, 22 Juli 2018 - Reuters/Omar Sobhani
31 Maret 2019 23:17 WIB John Andhi Oktaveri News Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Wakil Presiden Afghanistan Abdul Rashid Dastum selamat dalam serangan terhadap konvoi kendaraan yang diluncurkan kelompok Taliban. Namun, sejumlah pengawalnya tewas.

Enayatullah Babur, mantan kepala staf Dostum mengatakan serangan itu berlangsung selama satu jam penuh. Selain menewaskan beberapa pengawal Dastum, Taliban juga melukai beberapa orang lainnya terluka. Serangan terjadi di provinsi utara Balkh, saat Dostum selesai mengadakan rapat umum sehari sebelumnya.

Melalui akun Twitter, seorang juru bicara Taliban mengatakan kelompoknya telah melakukan serangan itu dan mengklaim empat pengawal Dostum tewas. Sebagaimana dikutip cnn.com, Minggu (31/3/2019), Dostum, seorang pemimpin etnik Uzbekistan yang kuat, terkenal di Afghanistan karena pengaruhnya yang ekstrem. Dia diklaim berulang kali menggagalkan pengkhianatan selama 40 tahun negara tersebut dirundung konflik.

Meskipun kesan kejahatan perang melekat pada namanya, Dostum terpilih menjadi Wakil Presiden Afghanistan pada 2014. Dostum mengklaim bisa membersihkan Afghanistan utara dari Taliban dalam waktu enam bulan.

Dostum telah selamat dari beberapa upaya pembunuhan lain semasa kariernya, termasuk sebuah serangan yang dilakukan ISIS pada Juli tahun lalu di Kabul. Pada insiden itu, 23 orang tewas.

Taliban belum juga habis di Afganistan. Kelompok itu juga melakukan serangan ke sebuah pos pemeriksaan, Sabtu (30/3/2019). 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia