Advertisement

Kalah Telak dari Thailand, Peluang Indonesia ke Piala Asia U-23 2020 Masih Terbuka Lebar

M. Syahran W. Lubis
Jum'at, 22 Maret 2019 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Kalah Telak dari Thailand, Peluang Indonesia ke Piala Asia U-23 2020 Masih Terbuka Lebar Indonesia U-23 - Antara/R. Rekotomo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Indonesia U-23 menelan kekalahan besar dari Thailand dalam laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Hanoi, Vietnam, Jumat (22/3/2019). Indonesia takluk 0-4. 

Hasil ini menjadi batu sandungan besar bagi Indonesia menuju Piala Asia U-23 2020 yang akan dihelat di Thailand. Meskipun demikian, peluang untuk lolos ke putaran final di Thailand belum tertutup. Indonesia paling tidak bisa  lolos sebagai salah satu dari empat atau lima runner up terbaik dari 11 grup.

Advertisement

Syaratnya, anak asuh Indra Sjafri harus menaklukkan dua lawan tersisa, Vietnam dan Brunei Darussalam, dengan skor besar. Satu hal yang menguntungkan Garuda Muda ialah jika poin sama, maka penentuan posisi di klasemen bukan menerapkan hasil head to head, melainkan selisih gol.

Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam di matchday ketiga, Selasa (26/3/2019).

Mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang Brunei menjadi sangat penting untuk menentukan posisi runner up apabila ternyata Vietnam mampu mengalahkan Thailand dan di laga sebelumnya Indonesia menang atas Vietnam.

Sayangnya, keunggulan selisih gol yang bisa diperoleh dari hasil mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang Brunei ini hanya dapat dimanfaatkan hanya untuk menentukan posisi runner up di Grup K, tidak bisa digunakan untuk adu selisih gol dengan runner up dari 10 grup lainnya.

Hal itu disebabkan Pakistan menarik diri dari Grup F setelah undian dilakukan. Dengan demikian, agar penghitungan penentuan empat atau lima runner up terbaik setara, hasil pertandingan dengan tim juru kunci setiap grup selain Grup F diabaikan.

Padahal, jika saja Pakistan tidak menarik diri, selisih gol yang besar—apabila berhasil menang besar atas Brunei—bisa diandalkan untuk diadu dengan tim-tim runner up 10 grup lainnya, tentu dengan syarat Indonesia tampil sebagai runner up.

Terdapat 44 tim yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-23 yang dibagi menjadi 11 grup dengan setiap grup berisikan empat tim kecuali Grup F akibat Pakistan mundur. Setiap tim juara grup akan lolos ke putaran final yang akan digelar pada 8 - 26 Januari 2020 bersama empat tim runner up terbaik.

Apabila Thailand—yang meskipun sudah lolos tetap dilibatkan dalam babak kualifikasi—ternyata finis sebagai juara grup atau salah satu empat runner up terbaik dari 11 grup, maka runner up terbaik kelima akan ikut lolos ke putaran final.

Kualifikasi Piala Asia U-23 ini juga menjadi tahap pertama kualifikasi menuju Olimpiade 2020 di Jepang pada 22 Juli hingga 8 Agustus tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement