Advertisement

2.400 Surat Suara Pemilu 2019 Nyasar ke Hong Kong, KPU Perintahkan Tarik Ulang

John Andhi Oktaveri
Senin, 18 Maret 2019 - 18:27 WIB
Budi Cahyana
2.400 Surat Suara Pemilu 2019 Nyasar ke Hong Kong, KPU Perintahkan Tarik Ulang Petugas logistik KPU Pusat memeriksa surat pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 untuk pemilih luar negeri di gudang logistik KPU di Benda, Tangerang, Banten, Kamis (7/2/2019). - ANTARA/Muhammad Iqbal

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 2.400 surat suara Pemilu 2019 yang semestinya dikirim ke Malaysia dan Filipina keliru dikirim ke Hong Kong. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman sudah meminta Kelompok Kerja (Pokja) KPU dan Kemenlu untuk segera mengecek dan menarik ulang ribuan suara yang kesasar tersebut

"Kami sudah minta kepada pokja luar negeri yang terdiri KPU dan Kemenlu untuk melakukan pengecekan lagi dan melakukan penarikan untuk didistribusikan ulang atau dikirimkan ulang sesuai alamat yang semestinya," kata Arief di Kompleks Parlemen, Senin (18/3/2019).

Advertisement

KPU mengklaim masalah distribusi surat suara sudah mempunyai standar operasi tersendiri. Kendati demikian, dirinya tidak mengetahui masih adanya surat suara yang tersasar di luar negeri.

"Ya sudah, itu kan kami sudah kasih SOP-nya. Sebetulnya kalau semua mengikuti SOP, kami juga tidak akan ada kesalahan pengiriman alamat karena kami sudah minta sejak surat suara dilipat, sudah diketahui akan dikirim di wilayah mana, bahkan ketika kami masukkan ke dalam kardus,” ujarnya. 

Namun, Arief belum bisa memastikan letak kesalahan surat suara tersasar tersebut. Dia memastikan kesalahan tersebut terletak pada pengiriman.

"Kalau detail kesalahan saya belum tahu ya. Karena yang jelas terjadi kesalahan pengiriman, saya minta waktu yang tersedia ini betul-betul dihitung untuk melakukan penarikan dan dikirim sesuai alamat," katanya.

Sebelumnya, Bawaslu menemukan adanya ribuan surat suara luar negeri Pemilu yang salah kirim. Bawaslu mengatakan pengiriman surat suara untuk Malaysia dan Filipina salah kirim ke Hong Kong. 

"Surat suara ke Tawau (Malaysia) sama ke Manila (Filipina) salah kirim ke Hong Kong," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin kepada wartawan. 

Berdasarkan data Bawaslu, total surat suara untuk pemilihan anggota DPR yang nyasar ke Hong Kong ini berjumlah 2.400 surat suara. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement