Advertisement

Terduga Teroris Sibolga adalah Jaringan JAD dan ISIS

Newswire
Rabu, 13 Maret 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
Terduga Teroris Sibolga adalah Jaringan JAD dan ISIS Ilustrasi tiga orang anggota Detasemen Khusus 88 atau Densus 88 sedang menjalankan tugasnya. - Antara/Rony Muharrman

Advertisement

Harianjogja.com, SUMATERA UTARA--Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror melakukan penangkapan terhadap terduga teroris Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Mohammad Iqbal mengungkapkan, Husain alias Abu Hamzah merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan kelompok terorisme ISIS.

Advertisement

"Pelaku Jaringan JAD yang berafiliasi dengan ISIS," kata Iqbal, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Selain itu, Iqbal menjelaskan, terduga teroris di Sibolga ini juga merupakan jaringan terduga teroris bernama Rinto Sugianto alias Putra Suhada yang ditangkap di Lampung, Sabtu 9 Maret 2019 lalu.

"Densus sudah menjajaki kelompok ini beberapa waktu yang lalu. Seorang pelaku [Rinto] sudah ditangkap kemarin di Lampung," tutur Iqbal.

Iqbal memaparkan jika Densus telah mengawasi kelompok dari jaringan yang bersangkutan dari beberapa waktu lalu. Dari penangkapan terhadap Rinto itulah, pihak Kepolisian kemudian mengembangkan dan berhasil menangkap Husain di Sibolga.

"Densus lanjut mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan lampung tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Densus 88 Antiteror melakukan penggerebekan di rumah terduga teroris di Kota Sibolga. Sempat terdengar ledakan bom di lokasi kejadian. Pascaledakan petugas kepolisian langsung mensterilkan lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement