Advertisement

Server Bermasalah, Pendaftaran SNMPTN Diperpanjang hingga Sabtu 16 Februari

Tamara Geraldine
Kamis, 14 Februari 2019 - 18:45 WIB
Budi Cahyana
Server Bermasalah, Pendaftaran SNMPTN Diperpanjang hingga Sabtu 16 Februari Siswa mendaftar SNMPTN - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 diperpanjang selama dua hari hingga Sabtu (16/2/2019) lantaran para laman pendaftaran sulit diakses. Pendaftar dianjutkan menghindari jam-jam sibuk yakni pukul 10.00 WIB-15.00 WIB agar bisa mengakses laman dengan lancar.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebelumnya menetapkan masa pendaftaran SNMPTN pada 4-14 Februari 2019. Namun, masa pendaftaran itu diperpanjang lantaran keluhan dari para calon peserta didik yang kesulitan mengakses lamam pendaftaran.

Advertisement

Ketua LTMPT, Ravik Karsidi, mengatakan perpanjangan waktu bertujuan memberikan kesempatan siswa untuk mendaftar.

“Pendaftaran kami perpanjang sampai Sabtu [16/2/2019] hingga pukul 22.00 WIB. Dengan adanya perpanjangan pendaftaran ini saya mengimbau agar kesempatan perpanjangan jadwal ini dimanfaatkan dengan baik oleh calon peserta didik, karena tidak akan ada perpanjangan lagi,” ujarnya saat dihubungi Jaringan Informasi Bisnis Indonesia melalui telepon, Kamis (14/2/2019).

Ravik menjelaskan proses pendaftaran SNMPTN 2019 itu khusus bagi siswa yang sudah memenuhi kriteria pemeringkatan LTMPT. Mereka bisa menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan password yang sama dengan sewaktu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Pendaftar bisa mengakses laman www.snmptn.ac.id. Sementara untuk siswa yang hendak mendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga, wajib menyertakan portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah dilegalisasi kepala sekolah.

Menurut penelusuran Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, situs SNMPTN susah diakses hingga muncul petisi online di laman https://www.change.org/p/ltmpt-mohon-benahi-web-snmptn. Petisi itu meminta masa pendaftaran SNMPTN yang dijadwalkan berlangsung dari 4-14 Februari untuk diperpanjang.

Ravik menanggapi petisi yang berisi keluhan calon peserta didik yang kesulitan mengakses laman http://www.snmptn.ac.id untuk mendaftar SNMPTN 2019. Persoalan tersebut terjadi lantaran adanya lonjakan jumlah pendaftar membeludak pada waktu bersamaan.

“Sampai hari ini dalam satu menit ada 36.000 orang yang akses secara bersamaan. Jadi banyak peserta yang tidak bisa mengakses laman. Banyak pendaftar yang mendaftar diakhir batas pendaftaran,” ujar Ravik.

Dia menyarankan siswa tidak mendaftar pada jam padat. “Dari data yang dimiliki LTMPT, biasanya para calon peserta SNMPTN mendaftar pada pukul 10.00 sampai pukul 15.00 WIB. Saya meminta agar para calon peserta tidak mendaftar pada jam padat tersebut,” ujarnya.

Koordinator Pelaksana Teknis LTMPT SNMPTN 2019, Budi Prasetyo, menyampaikan jumlah siswa yang eligible (layak) mendaftar SNMPTN tahun ini ada 613.860 siswa dan jumlah sekolah yang siswanya eligible bisa mendaftar di SNMPTN 2019 ada 14.744 sekolah.

“Jumlah siswa yang telah melakukan pendaftaran sebanyak 370.878 siswa. Sedangkan siswa yang sudah login tapi belum melakukan pendaftaran sebanyak 175.003. Siswa yang sudah mengisi biodata tetapi belum melakukan finalisasi sebanyak 83.099,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Ravik mengatakan pada Rabu (13/2/2019) malam panitia sudah menambah server dan menaikkan bandwith.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement