Advertisement

Walikota Solo Nyatakan Kehadirannya di Deklarasi Pemenangan Jokowi-Mar'ruf Sebagai Petugas Partai

Mariyana Ricky Prihatina Dewi
Rabu, 13 Februari 2019 - 17:37 WIB
Sunartono
Walikota Solo Nyatakan Kehadirannya di Deklarasi Pemenangan Jokowi-Mar'ruf Sebagai Petugas Partai Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. (Solopos/Dok)

Advertisement

Harianjoga.com, SOLO --Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo telah memberikan klarifikasinya kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo terkait kehadirannya dalam acara deklarasi dukungan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawaspres) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.  Rudy menegaskan, kehadirannya dalam kegiatan itu bukan sebagai kepala daerah, melainkan selaku petugas partai.

Deklarasi yang diinisiasi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo itu digelar di Hotel Alila, Solo, Sabtu (26/1/2019). Kepada wartawan, Rudy, sapaan akrabnya, mengatakan klarifikasi tersebut berlangsung pekan lalu.

Advertisement

“Sudah dipanggil pekan lalu. Saya sudah tanda tangan berita acara pemeriksaan. Saya datang ke sana [Bawaslu Kota Solo] dan memberi keterangan. Hadir [di Hotel Alila] kapasitasnya sebagai kader, undangannya lewat Whatsapp secara pribadi. Kalau saya terus terang memang petugas partai, Ketua Dewan Pimpinan Cabang [DPC PDIP] Solo. Kehadiran saya itu di luar tugas saya sebagai Wali Kota, Sabtu libur, jadi bebas kampanye, juga tidak menggunakan fasilitas negara,” tuturnya saat ditemui di Loji Gandrung, Rabu (13/2/2019).

Rudy mengatakan deklarasi tersebut mengundang kader partai pendukung dan pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin se-Jawa Tengah yang kebetulan menjabat sebagai kepala daerah.

“Kalau bukan pengusung dan pendukung, enggak diundang. Seperti [Bupati] Sragen ‘kan enggak diundang,” imbuhnya.

Rudy menegaskan dirinya dan kepala daerah lain siap diperiksa terkait pertemuan itu, sesuai pesan Gubernur Ganjar untuk tidak meninggalkan layanan kepada masyarakat meski sedang cuti. Komisioner Bawaslu Provinsi Jateng, M. Rofiudin, menyebut pemeriksaan puluhan kepala daerah tersebut dilakukan di tingkat daerah.

Berkas pemeriksaan kemudian diteruskan ke provinsi. “Pemeriksaan dilakukan sejak beberapa hari lalu, bergelombang di daerah,” ucapnya Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement