Advertisement

Akan Bertemu Trump di Vietnam, Apa Moda Transportasi Pilihan Kim Jong-un?

Iim Fathimah Timorria
Rabu, 13 Februari 2019 - 01:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Akan Bertemu Trump di Vietnam, Apa Moda Transportasi Pilihan Kim Jong-un? Air China Boeing 747-400 - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Saat pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada Juni lalu, Kim Jong-un lebih memilih menggunakan pesawat Air China sewaan ketimbang jet resminya yang sudah usang. Namun untuk rencana pertemuan  akhir Februari nanti, transportasi pilihan pemimpin muda itu masih misteri. 

Sejumlah spekulasi menyebutkan bahwa Kim bakal menggunakan jet kenegaraan milik Korea Utara untuk menempuh perjalanan dari Pyongyang menuju lokasi pertemuan di Hanoi 27-28 Februari mendatang.

Advertisement

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap menyebutkan Kim barangkali akan terbang dengan jet bernama Chammae-1. Spekulasi ini muncul mengingat jarak Korea Utara dan Hanoi hanya sekitar 2.760 km, jauh lebih dekat dibanding jarak ke Singapura yang mencapai 4.700 km. Pesawat era Uni Soviet tersebut diperkirakan mampu menempuh jarak tersebut.

Namun spekulasi lain menyebutkan Kim bisa saja tetap menyewa pesawat China jika ia lebih memprioritaskan keselamatan. Armada Boeing 747-400 milik Air China yang dipakai oleh Kim saat itu dilaporkan kerap digunakan pejabat China untuk perjalanan luar negeri.

Tanpa menyewa pesawat China pun sebenarnya Korea Utara memiliki pesawat kenegaraan yang memadai. Chammae-1 yang dinamai berdasarkan nama burung nasional Korut adalah pesawat jenis Ilyushin-62M yang secara teori dapat menempuh jarak 10.000 km tanpa mengisi ulang bahan bakar.

Kim Jong-un tercatat pernah menggunakan Chammae-1 saat mengunjungi kota Dalian untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Mei 2018

Chammae-1 juga pernah digunakan oleh saudara perempuan Kim, Kim Yo-jong, saat terbang ke Seoul, Korea Selatan untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang pada Februari 2018. Pesawat itu pun turut terbang ke Singapura tahun lalu untuk mengangkut para pejabat Korut yang mendampingi Kim.

Selain pesawat, rumor lain bahkan menyebut kemungkinan Kim menggunakan kereta melalui jalur penghubung China-Vietnam, sebagaimana ia berkunjung ke Beijing bulan lalu.

Spekulasi ini diperkuat dengan fakta bahwa kakek Kim Jong-un, Kim Il-sung, pernah melakukan perjalanan darat dengan kereta api ke Vietnam pada 1950-an dan 1960-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement