Advertisement

Seorang Pria Berinisial B Ditangkap, Diduga Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

Newswire
Selasa, 08 Januari 2019 - 20:17 WIB
Nina Atmasari
 Seorang Pria Berinisial B Ditangkap, Diduga Pembuat Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Ilustrasi. - Reuters/Dylan Martinez

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Pengusutan kasus hoaks atau berita bohong terkait 7 kontainer surat suara yang telah tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara masih berlanjut. Polisi berhasil mengamankan satu pelaku yang diduga membuat hoaks tersebut. Pelaku berinisial B tersebut ditangkap di Bekasi, Jawa Barat.

"Ya tersangka berinisial B ditangkap Bekasi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Selasa (8/1/2019).

Advertisement

Dedi menjelaskan, pelaku akan dibawa ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri guna pemeriksaan lebih jauh.

Namun Dedi belum mau menjelaskan terkait identitas maupun kronologi penangkapan tersangka berinisial B tersebut.

"[Tersangka] saat ini sedang dalam pemeriksaan," tambahnya.

Sebelumnya Karopenmas Div Humas Mabes Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengklaim polisi telah mengantongi identitas aktor intelektual terkait kasus penyebaran berita bohong alias hoaks soal 7 kontainer berisi surat suara yang sudah tercoblos. Namun, hingga kini polisi belum bisa membekuk pelaku tersebut.

Menurutnya, alasan belum ditangkapnya para pelaku karena pihaknya masih memperkuat alat bukti terkait penyebaran isu tersebut di media sosial.

"Kita menguatkan kembali alat bukti yang memang dibutuhkan nanti dalam proses sidik sampai dengan pelimpahan berkas di JPU," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (7/1/2019).

Dalam kasus ini, polisi sudah menetapkan tiga orang tersangka. Tersangka berinisial HY dan LS ditangkap penyidik di lokasi berbeda yakni di Bogor, Jawa Barat, dan Balikpapan, Kalimantan Timur. Keduanya tidak ditahan, melainkan hanya dimintai keterangan dalam kasus

Pada Senin (7/1/2019) kemarin, Polisi kembali meringkus tersangka kasus penyebaran hoaks tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Tersangka baru berinisial J dibekuk polisi di Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement