Advertisement

Usulan Politikus PKS Hapus Pajak Motor Jika Menang Pilpres Dinilai Tak Rasional

Feni Freycinetia Fitriani
Jum'at, 23 November 2018 - 20:50 WIB
Bhekti Suryani
Usulan Politikus PKS Hapus Pajak Motor Jika Menang Pilpres Dinilai Tak Rasional

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Usulan politikus PKS soal penghapusan pajak sepeda motor dinilai tak rasional. 

Ketua Komisi C DPRD DKI Santoso mengkritik usul politikus PKS yang berjanji untuk menghapus pajak sepeda motor dan pemberlakukan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

"Enggak bener itu, mereka [PKS] pikir pakai jalan pembiayaan pembangunan dari mana? Ya salah satunya pajak kendaraan bermotor. Bikin kebijakan harus rasional dong," Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjanjikan akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) tentang penghapusan pajak kendaraan jenis sepeda motor dan pemberlakuan Surat Izin Mengemudi (SIM) seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan perjuangan untuk meloloskan regulasi ini akan ditempuh pihaknya untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat dengan kenaikan TDL dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," kata Almuzzammil di Kantor DPP PKS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/11).a motor dan mobil terhadap pendapatan asli daerah (PAD) DKI Jakarta sangat besar.

Berdasarkan catata Bisnis, target pajak kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil) yang ditetapkan tahun ini mencapai Rp8,35 triliun. Adapun, realisasinya hingga saat ini sudah berkisar Rp7,2 triliun.

Selain itu, pajak bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKN) targetnya sebesar Rp5,1 triliun dengan capaian hingga saat ini Rp4,6 triliun.

"Kontribusi PAD dari pajak kendaraan bisa lebih dari Rp10 triliun. Kalau misalnya benar-benar dihilangkan l, mau dari mana pembangunan DKI? Nggak bisa dong, masa dihapus," jelasnya.

Sebelumnya, PKS menjanjikan akan memperjuangkan rancangan undang-undang (RUU) tentang penghapusan pajak kendaraan jenis sepeda motor dan pemberlakuan SIM seumur hidup bila menang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

Advertisement

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Tim Pemenangan Pemilu PKS Almuzzammil Yusuf mengatakan perjuangan untuk meloloskan regulasi ini akan ditempuh pihaknya untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat.

"Untuk mengurangi beban rakyat yang semakin berat dengan kenaikan TDL dan harga pangan yang melambung, PKS memperjuangkan RUU Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup," jelasnya Kamis (23/11/2018).

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Ibu-Ibu Didorong Menggali Potensi Diri untuk Bangun Personal Branding, Beda dengan Pencitraan

Sleman
| Rabu, 28 September 2022, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement