Jusuf Kalla Datang, Mahasiswa Unisba Tutup Mulut Pakai Selotip

Petugas keamanan kampus dan Paspampres mengamankan sejumlah mahasiswa Universitas Islam Bandung yang melakukan aksi protes tutup mulut saat acara orasi ilmiah dari Wakil Presiden, Jusuf Kalla. - Antara Jabar/Asep Firmansyah
17 November 2018 20:50 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, BANDUNG- Kunjungan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Universitas Islam Bandung diwarnai aksi tutup mulut.

Aksi tutup mulut yang dilakukan sejumlah mahasiswa mewarnai acara orasi ilmiah dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di Universitas Islam Bandung, Sabtu (17/11/2018).

Para mahasiwa yang mengenakan jas almamater biru muda menutup mulutnya dengan selotip hitam. Kejadian itu terjadi saat Wapres JK, pejabat pemerintahan, dan senat kampus meninggalkan ruang sidang terbuka.

Saat Rektor Unisba meninggalkan ruang sidang, salah satu mahasiswa berteriak "Unisba", namun pihak keamanan kampus beserta Paspampres langsung mengamankan mereka.

Kejadian berlangsung panas, para mahasiswa terlihat diinterogasi dan dibawa ke salah satu ruangan oleh pihak keamanan.

Gesekan tak hanya terjadi antara petugas keamanan dengan mahasiwa, pewarta dari sejumlah media bersitegang dengan pihak keamanan kampus dan Paspampres karena tidak diperbolehkan meliput aksi tersebut.

"Mas-mas gak boleh motret, ini SOP-nya. Silakan keluar kalau selesai," ujar salah satu pihak keamanan kampus seperti diberitakan Antara.

Saat akan memotret, pihak keamanan kampus dan Paspampres mencoba menutupi akses wartawan. Bahkan, kamera salah satu wartawan berusaha direbut oleh pihak keamanan.

"Kita juga sama-sama kerja, kita dilindungi undang-undang," teriak salah satu wartawan.

Seusai kejadian tersebut, suasana sedikit mencair dan pihak keamanan tidak terlalu memperketat penjagaan di sekitar aksi mahasiswa. Akibat kejadian tersebut, sesi wawancara dengan Wapres JK dibatalkan.

Sumber : Antara