Kementan Ajak Perguruan Tinggi Buka Prodi Sawit

Ilustrasi wisuda mahasiswa. (Reuters - Fabian Bimmer)
25 Oktober 2018 17:10 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, PEKANBARU -- Kementerian Pertanian (Kementan) meminta perguruan tinggi (PT) yang ada di daerah potensi kelapa sawit untuk mendukung perkembangan komoditas tersebut dengan membuka fakultas atau jurusan sawit.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang mengatakan sawit merupakan salah satu kekuatan dan fundamental ekonomi Indonesia saat ini, karena sumbangannya untuk devisa cukup signifikan.

"Karena kontribusinya itu, kami mengajak perguruan tinggi untuk mempersiapkan sumber daya manusia di bidang perkebunan kelapa sawit, sehingga komoditas ini dikawal oleh anak bangsa secara profesional," kata dia seusai seminar nasional kelapa sawit yang digelar Universitas Riau dan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) di Pekanbaru, Rabu (24/10/2018).

Bambang menjelaskan bentuk dukungan nyata dari perguruan tinggi bisa diwujudkan dengan membuka fakultas atau jurusan kelapa sawit, tentu dengan harapan positif agar komoditas ini dapat semakin maju dan kompetitif di tengah persaingan global.

Sumber : bisnis.com