Sudah 1x24 Jam Sejak Gempa Bumi, BNPB Belum Peroleh Informasi Kondisi Donggala

Gempa bumi Donggala, Sulawesi Tengah. - Ist/BNPB
29 September 2018 23:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bencana gempa bumi dan tsunami melanda Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (28/9/2018). Namun hingga 1X24 jam wilayah itu masih belum tersentuh bantuan dan proses evakuasi dari petugas gabungan yang dikerahkan.

Padahal, Donggala merupakan tempat pusat gempa 7.7 Skala Richter (SR). Bencana tersebut terjadi kemarin sekira pukul 17:02:44 WIB atau sekitar pukul 18:02:44 WITA. Tetapi, hingga kini belum diketahui bagaimana kondisi dilokasi itu.

"Donggala belum dapat informasi apapun komunikasi masih putus lumpuh total di Donggala padahal itu daerah terdampak luas," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dikantornya, Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Sutopo, akses jalan menuju Donggala juga menjadi salah satu faktor terhambatnya bantuan ke daerah tersebut. Belum lagi, dengan lumpuhnya jaringan komunikasi di Donggala.

"Proses evakuasi masih dilakukan jadi diperkirakan jumlah korban, banyak, baik disebakan gempa di Donggala maupun oleh tsunami," ucap Sutopo.

Hingga sore ini, BNPB mencatat, ada 384 korban meninggal dunia pasca-kejadian Gempa Bumi dan Tsunami di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wilayah yang paling terdampak antara lain, di Kabupaten Donggala antaranya, Balaesang, Balaesang Tanjung, Banawa, Banawa Selatan, Banawa Tengah, Dampelas,Labuan, Sindue, Sindue Tobata, Sindue Tombusabora, Sirenja, Sojol, dan Tanantovea.

Sumber : Okezone.com