KAMPUS JOGJA : 5 Mahasiswa UGM Ikuti Kuliah Internasional di Nagoya University

14 Juli 2015 23:20 WIB Mediani Dyah Natalia News Share :

Kampus Jogja, UGM mengirimkan lima mahasiswa dalam International Summer Course on Advanced Marine Biology di Nagoya University

Harianjogja.com, SLEMAN-Universitas Gadjah Mada (UGM) mengirimkan lima mahasiswa terbaik untuk mengikuti International Summer Course on Advanced Marine Biology di Nagoya University.

Mahasiswa yang dikirim terdiri dari mahasiswa program strata 1 (S1) dan strata dua (S2). Kali ini empat mahasiswa S1 Fakultas Biologi, yaitu Gregorius Altius Pratama, Ida Asyari Utomo, Alfian Bani Kusuma, R Aditya Aryandi dan satu mahasiswa Pascasarjana Biologi, I Made Oka Riawan yang terpilih berangkat pada 29 Juni hingga 10 Juli 2015 di Sugashima Marine Biological Laboratory. Kegiatan ini diadakan sebagai wujud aktualisasi basic science biology dengan konsentrasi utama bidang Biologi Laut.

Ida Asyari Utomo sebagai ketua tim mengatakan International Summer Course ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Sugashima Marine Biological Laboratory dan Nagoya University. Dalam acara ini setiap peserta dituntut untuk dapat mengembangkan pola pikir dan kajian riset basic science namun tetap dapat menyambungkannya pada keadaan dan lingkungan sekitar.

"Selain mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian advanced biology, peserta mendapatkan atmosfer akademik yang sangat baik untuk menumbuhkan karakter sebagai saintis, yang tetap dekat dengan alam,"tutur Ida seperti rilis yang Harianjogja.com, terima, Senin (13/7/2015).

Dalam kegiatan itu peserta bertemu dengan expert dalam bidang biologi laut dan biologi molekuler, taksonomi, dan peserta dari negara lain seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Inggris Raya. Mahasiswa mempelajari dasar taksonomi, bagaimana memproses sampel hingga mendapatkan filogeni molekuler, serta analisa-analisa lain seperti western blotting, immunostaining, dan biologi molekuler lanjut seperti aplikasi genom editing menggunakan teknologi TALEN/ Crispr-Cas9.

"Kebetulan Sugashima Laboratory, dibawah arahan Professor Hitoshi Sawada ini memiliki konsentrasi studi pada mekanisme self-compatibility, dan non-self-compatibility serta mekanisme introduksi proses awal reproduksi menggunakan hewan model Ascidian atau sering diketahui sebagai sea squirt,"katanya.