Advertisement

Taruna AAU Kuliah Bersama Mahasiswa S2 UGM

Sunartono
Selasa, 24 Maret 2015 - 04:40 WIB
Nina Atmasari
Taruna AAU Kuliah Bersama Mahasiswa S2 UGM

Advertisement

Taruna AAU melakukan kegiatan kuliah bersama dengan mahasiswa S2 UGM

Harianjogja.com, SLEMAN - Puluhan taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan mahasiswa Pasca Sarjana Teknik Elektronika Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan kuliah bersama di AAU akhir pekan lalu.

Advertisement

Profesor Tetuko Sri Sumantyo menyampaikan materi tentang “Workshop On Spaceborne Synthetic Aperture Radar Image Signal Processing and Applications”.

Sri Sumantyo adalah salah satu putra terbaik bangsa. Sejak 2013 dikukuhkan sebagai Profesor penuh di Center For Environmental Remote Sensing Universitas Chiba Jepang.
Dalam kuliah yang dibuka oleh Wagub AAU Marsma TNI Wahyu A. Djaja itu diikuti 140 peserta. Terdiri dari 98 taruna AAU, 20 dosen AAU dan 22 mahasiswa S-2 Teknik Elektronika UGM.

Menurut Sri Sumantyo, Syntethic Aperture Radar (SAR) kerap disebut microwave sensor, karena menggunakan gelombang micro dalam cara kerjanya. Gelombang tersebut ditransmit dari satelit kemudian di scatter oleh permukaan tanah, lalu dipantulkan dan diterima kembali.

"Jadi kita tembakkan dan kita terima”, ujarnya dalam rilis yang dikirim Pentak AAU kepada Harianjogja.com, Senin (23/3/2015).

Selain digunakan untuk keperluan sipil, SAR itu diharapkan dapat digunakan dalam bidang militer. Menurutnya, SAR telah dikembangkan bersama rekan-rekannya di Jepang.

Gubernur AAU Marsda TNI Sugihardjo menilai dengan adanya kuliah materi tersebut sangat bermanfaat terutama memperkaya wawasan para taruna, dosen dan peserta kuliah.

Karena pada akhirnya akan erat kaitannya dengan kesiapan dalam menyongsong tugas peserta kuliah terutama taruna AAU ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement